Tips 12 Alasan Mengapa Bisnis Kecil (UKM) Membutuhkan Iklan Google AdWords?| Hanya Coba

google-adwords-untuk-bisnis-kecil

Digital Marketing & Iklan Google AdWords ? Dua Hal yang Saling Berkaitan Erat, Menjadi Bagian Satu Sama Lain.

Ketika calon pelanggan mencari produk, layanan, promosi, atau apa pun menurut mana saja pada global ini, mereka mungkin akan mencarinya melalui Google.

Pelanggan yg sedang mencari binis yg Anda tawarkan, dan Adwords membuat Anda dengan mudah ditemukan oleh pelanggan potensial Anda.

Untuk bisnis berukuran kecil, Google AdWords dapat menjadi metode yang sangat efektif dan efisien untuk mendatangkan pengunjung dan calon pelanggan, memasarkan produk dan pada akhirnya mendapatkan peningkatan penjualan.

Berikut 12 alasan mengapa usaha Anda mampu mendapatkan laba dari Iklan Google AdWords:

1.    Google Adwords Memungkinkan Anda untuk Menjangkau Pelanggan Ketika Mereka Membutuhkan Barang  Anda, Bagaimanapun Juga.

Setiap usaha, baik itu yg berukuran kecil juga besar , ingin timbul di page pertama Google.

Mereka ingin  dilihat oleh pelanggan pada waktu yang tepat saat mereka sedang mencari informasi, produk, layanan, penawaran atau lokasi.

Namun sebagai usaha kecil, memiliki harapan untuk berada pada halaman pertama (sepuluh besar)  hasil pencarian Google secara organik (tanpa melalui Iklan Google AdWords) tentu akan sangat sangat berat karena Anda harus menghadapi saingan yang memiliki karir panjang, pengalaman, dan  ahli di bidang SEO.

Tetapi dengan Google AdWords Anda dapat bersaing pada level yang sama, tidak peduli berapa lama Anda telah berkutat dengan search engine marketing atau dengan  keahlian Anda sendiri.

Anda dapat membicarakan pesan usaha Anda buat dicermati oleh calon pelanggan persis ketika mereka sedang mencari produk, layanan atau penawaran eksklusif.

jasa-iklan-google-1

2.    Google Adwords Memungkinkan Anda untuk Menjangkaui Pelanggan Lokal Anda, Diandalkan.

AdWords menaruh pada Anda pilihan penargetan ?Lokasi?.

Jadi jika Anda seorang pebisnis berbasis lokal, (seperti restoran dalam sebuah perumahan), perusahaan daerah (seperti bank negara), atau bahkan sebuah situs e-commerce (dengan, katakanlah, pembatasan pengiriman negara), Anda dapat  membuat  iklan dengan strategi “target geografis” agar bisnis Anda tersebut dapat  dilihat oleh konsumen Anda.

Dan Anda tidak membuang-buang uang dalam  beriklan pada mereka yang tidak berada dalam jangkauan bisnis Anda.

AdWords memungkinkan Anda untuk  menargetkan sebuah negara dengan sangat mudah, wilayah dalam negara, dan penargetan dalam jarak  radius tertentu  (untuk menampilkan iklan kepada orang-orang dalam jarak tertentu untuk bisnis Anda).

Anda dapat mengecualikan lokasi, juga, bahkan dalam penargetan yang dekat menggunakan lokasi Anda.

Mengecualikan sebuah  lokasi dapat meningkatkan  ROI (Return on Invesment)  Anda dengan menurunkan biaya dan menargetkan dengan lebih tepat.

Berikut ini adalah contoh dari penargetan radius sekitar "Jawa Timur" tapi tidak termasuk Kediri:

tearget-lokasi-google-adwords

Anda juga dapat menargetkan berdasarkan demografi  seperti tingkat pendapatan. Jadi, jika Anda menjual barang-barang mewah, Anda dapat menargetkan pemirsa yang  berpenghasilan  top 10% di daerah yang telah Anda tentukan.

3.    Google Adwords Memungkinkan Anda untuk Menunjukkan  Lokasi Anda kepada Pencari

Dengan menggunakan 'Google Bisnisku' dalam hubungannya dengan AdWords, Anda dapat menunjukkan peta dari lokasi bisnis Anda dengan iklan AdWords yang Anda buat.

google-bisnisku

Semakin gampang Anda membuatnya supaya pelanggan bisa menemukan Anda, semakin akbar kemungkinan bagi mereka akan mengunjungi lokasi bisnis Anda .

4.    Google Adwords Memungkinkan Anda untuk Menampilkan Informasi Kontak Anda

Anda mungkin pernah melihat ekstensi iklan di beberapa iklan yang tersebar di berbagai tempat seperti website, youtube, hasil pencarian Google, dan lain sebagainya.

Akan namun Anda mungkin belum mengetahui bagaimana cara kerja ekstensi iklan (ad extension) tersebut.

Ekstensi iklan memungkinkan bisnis misalnya milik Anda untuk melengkapi kampanye Google Adwords dengan angka telepon, alamat, aplikasi download, link laman landing halaman, ulasan, kunjungan laman sebelumnya & masih poly lagi.

Mereka muncul dengan warna biru dan muncul tepat di bawah deskripsi/keterangan  iklan Anda.

Dengan menyertakan lebih banyak informasi kontak pada iklan, ekstensi iklan membuat cara yang lebih mudah bagi pelanggan potensial Anda untuk menghubungi  Anda.

Sementara perluasan iklan nir dikenakan biaya apapun buat disertakan pada iklan, Anda hanya akan dikenakan biaya yang sama untuk klik pada perluasan iklan tadi sama halnya ketika pemirsa mengklik judul iklan Anda.

Misalnya, jika seseorang mengklik nomor telepon Anda untuk melakukan panggilan telepon secara langsung  melaui  ekstensi iklan, Anda akan ditagih untuk konversi berbayar ini.

(Ya, Google dapat melacak panggilan telepon melaui klik dalam ponsel, tablet dan desktop.)

Jika restoran Anda, misalnya, Anda dapat menampilkan alamat lokal Anda dan menyertakan link ke halaman menu tertentu, penawaran dan halaman arahan (landing page)  khusus lainnya di website Anda.

Google Adwords

  Top Tip:

   Jika Anda ingin melokalisasi kampanye Google Adwords Anda, pastikan  lokalisasi halaman arahan  (landing page) Anda sesuai juga dengan iklan. Tidak ada gunanya mengarahkan pemirsa yang tertarik dengan iklan Anda  ke landing page yang  tidak dioptimalkan untuk menerima mereka.

5.    Google Adwords Memungkinkan Anda untuk  Menargetkan Pemirsa dengan Sangat Spesifik

Kata kunci, kata kunci, kata kunci. Ini adalah apa yang dikenal  oleh Google AdWords .

Semakin tertarget kata kunci (dan frasa kata kunci) maka akan semakin  baik Google akan memberi peringkat terhadap  iklan Anda.

Anda juga akan menjangkau lebih banyak pelanggan yang menginginkan  apa yang Anda miliki sekarang.

Jika Anda menggunakan Google AdWords secara  langsung, pastikan untuk melakukan  penelitian melalui kata kunci yang disarankan pada  setiap grup iklan yang Anda buat.

Beberapa penyedia iklan Google menawarkan untuk melakukan kerja keras untuk Anda dengan memilih kata kunci  yang paling optimal, yang tertarget untuk kampanye  grup iklan Anda.

Berikut ini adalah contoh dari kata kunci yang disarankan dari iklan "Jasa Sedot WC Surabaya":

google-adwords

Gunakan kesempatan ini untuk berpikir seperti cara berpikir  pelanggan Anda, dan memilih kata-kata yang mereka cari. Anda dapat mengatur kata kunci yang berbeda untuk setiap kampanye grup iklan Anda.

Dan Anda dapat membarui kata-istilah Anda setiap ketika agar bisa tetap menjaga mengoptimalkan jangkauan Anda.

6.    Google Adwords Memungkinkan Anda untuk Mengikuti Pelanggan Anda  dengan Pemasaran ulang (Remarketing).

Anda pernah melihatnya bukan, kami konfiden akan hal ini. Saat Anda mengunjungi sebuah swebsite atau blog, tinggal di sana buat sementara waktu, dan lalu pulang.

Tapi kemudian Anda terus melihat iklan yang sama  dari sebuah  perusahaan, atau bahkan halaman produk di halaman webste lain di mana Anda sedang berada. Hal ini dinamakan dengan  pemasaran ulang.

Dengan Google Adwords, jika seorang pelanggan  yang tertarik telah mengunjungi website Anda, mereka mendapatkan cookie dari kode yang  telah Anda tempatkan di backend dari website  Anda.

Ketika mereka meninggalkan halaman website Anda,  Anda dapat menargetkan iklan Anda untuk mengikuti mereka di Jaringan Display Google, atau hasil pencarian Google.

Anda dibebankan biaya ekstra untuk hal itu tapi remarketing  benar-benar ampuhuntuk meningkatkan penjualan. Pikirkan tentang hal ini ... Orang-orang yang cukup tertarik untuk datang mengunjungi website Anda.

Anda bisa untuk  dilihat lagi oleh mereka - dan kemudian lagi dan lagi - sementara bisnis  Anda  masih di pikiran mereka.

Katakanlah Anda memiliki sebuah toko produk bayi. Seseorang dari kalangan orangtua yang tertarik dengan iklan Anda lalu mengkliknya dan kemudian  mengunjungi laman landas untuk untuk bagian produk kereta bayi.

Dalam melakukannya, browser mereka mengambil cookie Google AdWords  Anda. Mereka kemudian  meninggalkan website Anda untuk melakukan pencarian informasi di toko online lainnya.

Namun, ketika mereka mengunjungi (misalnya)sebuah  weblog  populer khusus untuk orang tua  (yang merupakan bagian dari Google Display Network) maka mereka melihat iklan kereta Anda lagi.

Dan mereka melihatnya lagi (iklan yang sama) ketika mereka mengunjungi  YouTube.

7.    Google Adwords Memungkinkan Anda untuk Mencapai Pelanggan Mobile Anda Dimana Mereka Sedang Berada.

Pelanggan Anda mungkin berada sempurna pada luar pintu Anda ketika mereka sedang mencari produk atau layanan Anda.

Google AdWords menaruh banyak pilihan meningkatkan secara optimal mobile & memungkinkan Anda untuk menargetkan menggunakan iklan teks & iklan gambar.

Misalnya, jika Anda memasarkan sebuah cafe lokal  maka iklan mobile  tentunya sangat cocok. Pelanggan Anda mungkin mencari kopi untuk mereka nikmati  saat mereka sedang  berjalan melalui lingkungan Anda.

Mereka mencari tempat terdekat dan iklan  yang dioptimalkan untuk mobile Anda akan muncul pertama. Anda mendapatkan pelanggan baru di depan pintu Anda, hanya seperti itu.

Google Adwords

Dalam Pengaturan kampanye, Anda dapat mengatur perangkat Anda dalam default "All (Semua)". Pilihan ini akan menargetkan seluruh jenis perangkat.

Apabila Anda ingin menargetkan lebih banyak pada pengguna ponsel, Anda mempunyai pilihan ini juga.

8.    Google Adwords Memungkinkan Anda untuk Memilih, dan Mengoptimalkan,  Dimana Iklan Anda akan Terlihat.

Google memiliki banyak sekali mitra iklan. Anda mungkin telah membaca blog di niche pemasaran Anda sendiri, dan melihat iklan khusus untuk niche tersebut.  Kurang lebih sepertinya bahwa blog itu adalah bagian dari jaringan Google Display.

Apa artinya bagi Anda? Nah, hal  itu akan  mempermudah bagi Anda untuk beriklan di website dengan niche populer - di mana pelanggan Anda berada.

Anda bisa melacak output Anda dan bahkan mengecualikan website yang nir berkinerja sebaik yg Anda inginkan.

Google Adwords

Kami ingin menyarankan bahwa jika Anda baru memulai di Google AdWords, Anda sebaiknya menggunakan pilihan  “Penelusuran dan Display”  karena memberikan jangkauan yang lebih luas.

Seperti yang Anda telah ketahui bagaimana cara kerja Google AdWords dan Anda melihat hasil yang meningkat dalam CTR (Click Through Rate)  Anda, kemudian mempersempit kampanye iklan pada “Hanya Jaringan Display. Pantau hasil kampanye iklan AdWords Anda , dan tingkatkan iklan Anda sejuh proses yang Anda telah capai.

9.    Google Adwords Memungkinkan Anda untuk Mendapatkan Hasil yang Terukur

Google AdWords memberi Anda poly sekali pilihan yang bisa diadaptasi buat melacak & mengukur seluruh kampanye dalam satu dashboard.

Anda bisa, contohnya, mengatur & melacak tujuan Anda sendiri untuk:

  • Return on Investment (ROI) / Pengembalian Investasi
  • Traffic ke Website Anda
  • Brand Awareness (Pengenalan Merek)
  • Penjualan dan Konversi

Anda pula bisa mengukur hasil dari masing-masing kampanye Google Adwords Anda dalam grup iklan Anda. Anda dapat melihat metrik seperti:

  • Kata kunci apa yang memiliki kinerja paling baik
  • Headline  atau judul apa mendapatkan CTR terbaik
  • Waktu  (Misalnya: hari & jam) di mana  iklan Anda memiliki kinerja terbaik
  • Dan seterusnya dan seterusnya

google adwords

10.    Google Adwords Memungkinkan Anda untuk Mengontrol Anggaran Anda

Jika bisnis Anda berukuran kecil dan sifatya lokal, maka  Anda mungkin lebih akrab dengan metode iklan offline. Jika demikian, Anda mungkin membayar biaya yang ditetapkan untuk setiap iklan yang Anda publikasikan atau jalankan.

Dan Anda mungkin   menandatangani kontrak juga, setuju untuk menjalankan jumlah iklan sebanyak  "X" untuk  jumlah uang sebesar  "X" rupiah.

Dengan Google AdWords, Anda dapat menetapkan anggaran untuk setiap iklan yang  Anda jalankan - dan Anda dapat mengubahnya kapanpun Anda menginginkannya.

Jika sebuah iklan memiliki kinerja yang sangat baik maka Anda dapat meningkatkan hasil Anda dengan meningkatkan anggaran belanja  iklan Anda.

Sebaliknya, Jika sebuah iklan berkinerja buruk (tayangan rendah, jumlah klik yang rendah, dll) Anda sebaiknya menurunkan anggaran belanja iklan atau menghentikannya dan menbuat iklan baru. Sederhana!

Catatan: biaya harian Anda didasarkan pada rata-rata harian per bulan, jadi jangan khawatir jika Anda mendapatkan biaya harian yang bervariasi dari hari ke hari.

Kami ingin merekomendasikan kepada Anda untuk memulai dengan anggaran sekitar 30 ribu -60 ribu per hari. Ketika iklan Anda sudah berjalan, buatlah pelacakan  untuk mengukur hasilnya.

Sesuaikan anggaran Anda berdasarkan ROI iklan Anda - atau apa pun tujuan khusus dari kampanye Anda.

11.    Google Adwords Memungkinkan Anda untuk Menjalankan Beberapa Kampanye Sesuai Kebutuhan Pemasaran Bisnis Anda.

Suatu hal yang sangat keren tentang Iklan Google adalah bahwa Anda dapat menjalankan sejumlah kampanye iklan yang berbeda untuk sejumlah tujuan pemasaran Anda.

Katakanlah Anda memiliki bisnis perencanaan-acara (event-planning). Anda ingin memasarkan layanan Anda untuk ...

  • Perencanaan pernikahan
  • Acara perusahaan
  • Penggalangan dana

Anda bisa mengatur ketiga kampanye pemasaran yang berbeda - satu untuk setiap layanan yang ditargetkan.

Anda kemudian dapat mengatur beberapa grup iklan untuk setiap kampanye. Dalam grup iklan Anda, Anda dapat menargetkan dengan kata kunci yang berbeda.

Sebagai contoh, misalnya dalam kampanye "Perencanaan pernikahan" Anda,  set-up tiga grup iklan untuk menargetkan:

  • Gaun pengantin - dan kata kunci yang terkait
  • Tujuan/destinasi  bulan madu - dan kata kunci yang terkait
  • Upacara sebelum pernikahan - dan kata kunci yang terkait

Kemudian Anda dapat membuat dua iklan untuk setiap grup iklan sehingga Anda dapat melakukan pengujian  A / B untuk menemukan mana iklan yang memiliki kinerja terbaik.

Okelah,  hal ini mungkin tampak sedikit rumit pada awalnya. Tapi, setelah Anda mendapatkan pemahaman yang baik tentang hal itu, maka sebenarnya akan menjadi cukup keren dan mengantarkan Anda pada sebuah hasil yang baik.

Jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk mengelola kampanye iklan Google AdWords Anda, Anda dapat menggunakan jasa pengelolaan iklan google profesional dan terpercaya.

Silahkan untuk menghubungi kami untuk segera memulai project iklan Google AdWords Anda.

12.    Google Adwords Memungkinkan Anda untuk Terus Meningkatkan Hasil Anda

Tidak seperti pada iklan offline di mana hasil dari kampanye iklan sulit untuk diukur dan ditingkatkan,  namun pada Google AdWords hal itu sangat sederhana, Anda memantau ROI Anda yang sesungguhnya di Google AdWords.

Dan juga cukup sederhana untuk mengcopy salinan iklan Anda untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, dan meningkatkan keuntungan Anda.

Kesimpulan

Dengan banyaknya keuntungan yang akan didapatkan oleh pelaku bisnis UKM dengan beriklan melalui Google AdWords maka sudah seharusnya Anda menggunakan kesempatan dan peluang ini.

Google merupakan space beriklan yang paling efektif di dunia online atau digital.

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan dan waktu yang memadai dalam membuat dan mengelola kampanye iklan Google AdWords, kami dapat membantu Anda. Silahkan mengunjungi landing page kami di sini untuk info selengkapnya : Jasa Google AdWords.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tak lupa kami sampaikan bahwa kami mengharapkan dukungan teman-teman pembaca sekalian jika tidak keberatan untuk menyukai dan membagikan artikel kami ini sehingga lebih banyak lagi teman dan saudara kita yang mendapatkan informasi ini. Terima kasih.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sukri Sudin

Author : Sukri Sudin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips 12 Alasan Mengapa Bisnis Kecil (UKM) Membutuhkan Iklan Google AdWords?| Hanya Coba"

Posting Komentar