Tips 40 Istilah SEO yang Harus Diketahui oleh Marketers (Pemasar)| Hanya Coba

istilah-istilah seo, seo terms

SukriSudin.id - Apakah Anda ingin mengoptimalkan website Anda namun mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang-orang teknik yang ahli di bidang SEO? Selaku pemasar Anda pastinya juga punya andil dalam mengoptimalkan website Anda. Melalui artikel ini, Indonesia Digital Marketing akan mengulas istilah-istilah SEO yang perlu Anda ketahui agar dapat berkomunikasi dengan ahli SEO.

40 Istilah SEO yg Harus Anda Ketahui

0 s/d 9

301 Redirect : Sebuah cara untuk membuat satu halaman web yang mengarahkan pengunjung ke halaman lain. Setiap kali Anda mengubah alamat web dari halaman, terapkan 301 redirect untuk membuat titik alamat lama ke yang baru. Hal ini memastikan bahwa orang-orang yang telah dikaitkan atau mem-bookmark alamat lama secara otomatis akan diarahkan ke halaman yang baru, dan mesin pencari dapat memperbarui indeks mereka.

A - D

ALT Text/Tag or Attribute : Deskripsi/keterangan dari sebuah gambar dalam kode HTML website Anda. Tidak seperti manusia, mesin pencari hanya membaca ALT Text gambar, bukan gambar itu sendiri. Sebisa mungkin tambahkan ALT teks pada gambar dalam halaman website Anda.

Anchor Text : Teks sebenarnya yang ada pada sebuah link yang diarahkan ke sebuah halaman website. Pada kebanyakan website, teks ini biasanya berwarna biru dan bergaris, atau ungu jika sebelumnya Anda telah mengunjungi link tersebut. Anchor teks membantu mesin pencari memahami tentang apa halaman yang akan Anda tuju; itu menggambarkan apa yang akan Anda lihat jika Anda mengklik link tersebut.

Blog : Sebuah bagian dari website Anda di mana Anda harus secara teratur mempublikasikan konten (misalnya komentar tentang topik industri / perusahaan, deskripsi peristiwa, foto, video, dll). Setiap posting blog di website Anda adalah halaman baru yang dilihat oleh mesin pencari, dan karenanya merupakan kesempatan baru untuk ditemukan secara online. Pastikan Anda menyimpan blog dalam domain Anda sendiri.

Bookmark : Sebuah link ke website yang disimpan untuk referensi nanti di browser web atau komputer Anda. Website bookmark sosial (contoh: Delicious.com) membiarkan pengguna berbagi website yang mereka sukai satu sama lain. Memiliki link ke website  Anda di situs bookmark sosial adalah tanda bagi crawler bahwa konten website Anda menarik bagi banyak orang.

Canonical URL : alamat terbaik di mana pengguna dapat menemukan sepotong informasi. Kadang-kadang Anda mungkin memiliki situasi di mana konten halaman yang sama dapat diakses di lebih dari satu alamat. Menentukan URL canonical membantu mesin pencari memahami mana alamat yang memiliki  konten terbaik.

Conversion Form : Suatu formulir di mana Anda mengumpulkan informasi tentang pengunjung website Anda. Formulir konversi mengkonversi lalu lintas/trafik menjadi lead. Mengumpulkan informasi kontak membantu Anda menindaklanjuti lead tersebut.

CSS (Cascading Style Sheets) : Bagian dari kode website Anda yang mendefinisikan bagaimana elemen yang berbeda akan ditampilkan (misalnya: header, link, menu navigasi, dan lainnya).

Directory : Sama seperti direktori untuk orang dan nomor telepon, ada direktori untuk website. Mengirim website Anda ke direktori memberikan Anda lebih dari sekedar inbound link; membantu orang menemukan Anda. Direktori web yang paling populer adalah Yahoo! Directory dan Dmoz.

Domain : Alamat utama dari website Anda (misalnya: www.metodemaster.com). Ada baiknya untuk memperbaharui kepemilikan domain Anda selama beberapa tahun. Peringkat mesin pencari mendukung website yang melakukan registrasi ulang karena hal tersebut menunjukkan suatu komitmen.

F - I

Fold : titik di website Anda di mana halaman akan dipotong oleh bagian bawah monitor atau jendela browser pengguna. Apa pun yang beradah di bawah fold bisa digulung, tapi tidak terlihat langsung. Mesin pencari menempatkan beberapa prioritas pada konten di atas fold, karena akan dilihat langsung oleh pengunjung baru. Memiliki terlalu banyak iklan di atas fold dapat dianggap sebagai isu negatif oleh mesin pencari.

Headings : Teks di website Anda yang ditempatkan dalam tag judul, seperti H1 atau H2. Teks ini sering ditampilkan dalam font yang lebih besar dan lebih kuat daripada teks lain yang ada  dalam halaman.

HTML : HTML adalah singkatan dari 'Hypertext Markup Language'. Bagian kode dari website Anda yang dibaca oleh mesin pencari. Jaga HTML Anda agar sebersih mungkin sehingga mesin pencari membaca website Anda dengan mudah dan sering. Letakkan sebanyak mungkin kode yang terkait tata letak dalam CSS Anda, bukan HTML Anda.

Inbound Link : Sebuah link dari satu website ke website lain. Sebuah link dari website lain akan meningkatkan SEO Anda, terutama jika website perujuk memiliki PageRank yang tinggi.

Internal Link : Sebuah link dari satu halaman ke halaman lain pada website yang sama, seperti dari halaman beranda  ke halaman produk.

Indexed Pages : Halaman-halaman website Anda yang disimpan oleh mesin pencari.

J - M

Javascript : Sebuah bahasa scripting yang memungkinkan administrator website untuk menerapkan berbagai efek atau perubahan isi website mereka saat pengguna menelusurinya. Mesin pencari sering mengalami kesulitan membaca konten yang ada dalam Javascript, tetapi mereka semakin baik dari waktu ke waktu.

Keyword : Sebuah kata yang pengguna masukkan atau ketikkan saat melakukan pencarian informasi melalui mesin pencari. Setiap halaman website harus dioptimalkan dengan tujuan yang digambarkan oleh pengunjung yang telah mencari kata kunci tertentu.

Link Building : Kegiatan dan proses mendapatkan lebih inbound link ke website Anda dengan tujuan meningkatkan peringkat pada halaman hasil penelusuran mesin pencari.

Long Tail Keyword : Kata kunci yang jarang digunakan dalam pencarian informasi, biasanya dengan dua kata atau lebih dalam sebuah frasa. Bisnis berukuran kecil harus mempertimbangkan penargetan.

Metadata : Data yang memberitahu kepada mesin pencari tentang apa website Anda.

Meta Description : Penjelasan singkat kurang dari 160 karakter dari isi halaman website dan alasan mengapa seseorang ingin mengunjungi website tersebut. Hal ini sering ditampilkan pada halaman hasil mesin pencari di bawah judul halaman sebagai contoh dari konten pada halaman.

Meta Keywords : Sebelumnya digunakan oleh mesin pencari tahun 90-an dan 2.000-an awal untuk membantu menentukan tentang apa sebuah halaman website, meta tag kata kunci tidak lagi digunakan oleh mesin pencari utama.

mozRank : Sebuah peringkat logaritmik yang disediakan oleh SEOmoz dengan nilai mulai dari 0 s/d 10,0  dan kualitas inbound link yang menunjuk ke website tertentu atau halaman dalam website tersebut. Nilai 10,0 adalah linked-to page yang terbaik di internet, dan 0 tidak memiliki inbound link yang diakui.

N - Q

Nofollow : Ketika link dari satu website tidak melalui kredit SEO dari website yang lain. Jangan gunakan nofollow saat menghubungkan sebuah link ke halaman internal dalam website Anda. Nofollow digunakan saat menghubungkan sebuah link ke halaman eksternal sebuah website yang tidak ingin Anda dukung.

Page Title : Nama yang Anda berikan kepada halaman web Anda, yang terlihat di bagian atas jendela browser Anda. Judul halaman harus mengandung kata kunci yang terkait dengan bisnis Anda. Kata di awal judul halaman Anda lebih tinggi bobotnya daripada kata-kata yang berada di akhir.

Page Rank : Nilai dari 0 s/d 10, ditugaskan oleh Google, yang menunjukkan seberapa baik nilai SEO website Anda secara keseluruhan. Hal ini secara teknis dikenal sebagai 'Toolbar PageRank.'

Catatan: Relevansi Pagerank sifatnya berubah-ubah.

Panda : Mengacu pada serangkaian pembaruan yang dirilis oleh Google untuk algoritma peringkat mesin pencari yang dimaksudkan untuk mencegah pihak tertentu yang membuat artikel atau konten  yang biasa-biasa saja dalam jumlah besar dengan tujuan untuk mengklaim lebih banyak peringkat kata kunci tanpa menghasilkan nilai lebih bagi pengguna atau pengunjung website.

PPC (Pay-Per-Click) : Metode Advertising di mana pengiklan menempatkan iklan pada tempat pengelola iklan online dan membayar pada pengelola iklan tersebut setiap kali pengunjung mengklik iklannya. Google AdWords adalah contoh klasik dari hal ini.

R - U

Ranking Factor : Salah satu elemen tentang bagaimana mesin pencari menentukan di mana untuk memberi peringkat halaman tertentu, seperti jumlah inbound link ke halaman atau isi dari tag judul pada halaman tersebut.

Referrer String : Sepotong informasi yang dikirim oleh browser pengguna ketika mereka menavigasi dari suatu halaman ke halaman lain dalam website. Ini mencakup informasi tentang dari mana mereka berasal sebelumnya, yang membantu webmaster memahami bagaimana pengguna menemukan website mereka.

RSS Feed : RSS adalah singkatan dari 'Really Simple Syndication’. Ini adalah sebuah cara yang berbasis langganan untuk mendapatkan update pada konten baru dari sebuah webste. Siapkan RSS feed pada website atau blog Anda untuk membantu pengikut Anda tetap update ketika Anda memposting konten baru.

SERP : SERP adalah singkatan dari ‘Search Engine Ranking Page’. Halaman yang dikirimkan atau ditampilkan kepada Anda setelah Anda menjalankan query di mesin pencari. Biasanya memiliki 10 hasil perhalaman dari penelusuran mesin pencari, tapi ini dapat bervariasi tergantung pada permintaan dan mesin pencari yang bersangkutan.

Sitemap : Sebuah dokumen khusus yang diciptakan oleh webmaster atau software yang menyediakan peta semua halaman pada sebuah website untuk membuatnya lebih mudah bagi mesin pencari dalam mengindeks website tersebut.

Social Media : Media online yang dibuat dan dibagi di antara individu. Facebook, YouTube, LinkedIn, Google+, dan Twitter adalah website media sosial yang populer. Link dari banyak situs media sosial sekarang muncul dalam hasil pencarian. Sangat penting untuk menyebarkan link website Anda disepanjang media sosial yang Anda miliki.

Spider : Sebuah program komputer yang menelusuri internet dan mengumpulkan informasi tentang website.

Traffic : Para pengunjung ke website Anda.

Title : Judul halaman di website Anda, yang tertutup dalam tag <title> HTML, pada bagian header halaman. Akan terlihat dalam hasil mesin pencari dan di bagian atas web browser pengguna ketika mereka berada di halaman tersebut.

Traffic Rank : Peringkat website yang ditentukan berdasarkan berapa banyak jumlah lalu lintas pengunjung website yang dibandingkan dengan semua website di internet. Anda dapat memeriksa peringkat trafik website di Alexa.

URL : URL adalah singkatan dari 'Unifrom Resource Locator'. Adalah alamat web dari sebuah halaman di situs Anda (misalnya: www.indonesiadigitalmarketing.com/contact).

Kesimpulan

Dengan mengetahui ke-40 kata SEO yang sudah kami uraikan pada atas, Anda selaku pemasar ataupun individu yg beranjak dalam global internet kini bisa memahami sedikit banyak tentang SEO dan Andapun dapat berkomunikasi dengan baik dengan tim SEO yg bertugas melakukan optimize terhadap website Anda.

Sukri Sudin

Author : Sukri Sudin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips 40 Istilah SEO yang Harus Diketahui oleh Marketers (Pemasar)| Hanya Coba"

Posting Komentar