Tips Cara Berjualan Online| Hanya Coba

cara berjualan online

SukriSudin.id - Menjamurnya toko-toko online baru tak lepas dari boomingnya cara berbisnis dengan menggunakan media internet atau biasa disebut dengan bisnis online belakangan ini. Dengan berbisnis secara online, Anda dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas, bukan hanya pelanggan dalam negeri saja bahkan Anda bisa menjangkau pelanggan dari mancanegara.

Lebih berdasarkan itu, usaha online memberikan kesempatan kepada Anda untuk berbisnis menggunakan kapital yg minim dikarenakan Anda sanggup memulai usaha menggunakan menciptakan toko online secara perdeo dan menjual produk orang lain menggunakan sistem affiliasi atau dropship.

Namun dibalik peluang dan kentungan besar yg ditawarkan oleh jual beli secara online, sayangnya tak semua pebisnis mampu untuk memulai berjualan secara online sesegera mungkin. Tak sedikit pebisnis yg resah & ragu buat membuka toko onlinenya berhubung minimnya pengetahuan tentang cara berjualan online itu sendiri.

Olehnya itu, pada artikel kali ini kami berdasarkan Indonesia Digital Marketing akan menguraikan lima langkah sederhana yg perlu Anda tempuh untuk berjualan online secara efektif

Langkah-langkah Berjualan Secara Online

1.    Putuskan Apa yang Akan Anda Jual

Langkah pertama yg harus Anda tempuh adalah memutuskan produk / jasa apa yang ingin Anda tawarkan pada pelanggan. Anda bisa menawarkan barang-barang output ciptaan Anda sendiri (hand made) atau sanggup juga menjual produk dari pihak ketiga pada hal ini merupakan dropshipper.

Hal yang paling penting buat Anda pertimbangkan ketika menentukan produk yang akan Anda jual adalah product knowledge atau pengetahuan mengenai produk tersebut. Apabila Anda nir mempunyai pengetahuan yg relatif mengenai produk yg Anda jual, maka tentunya akan mempersulit Anda saat mendapat pertanyaan berdasarkan pelanggan.

2.    Kenali Target Pasar Anda

menentukan target pasar Lakukan riset/penelitian sederhana & kenali sasaran pasar Anda serta siapa saja pesaing Anda. Hal ini bisa membantu Anda dalam memilih harga produk/jasa, desain berdasarkan website atau toko online Anda dan branding (pencitraan). Dengan hal tersebut Anda bisa menaruh citra dari manfaat produk Anda kepada pelanggan.

Dengan mengenali target pasar maka Anda bisa menerapkan taktik marketing yang berfokus pada target pasar Anda tersebut sehingga bisa menghemat anggaran Anda pada setiap aktivitas marketing khususnya waktu melakukan kenaikan pangkat pada mana tentunya Anda akan mengeluarkan poly biaya .

3.    Pilih Salah Satu Platform E-commerce

Anda sanggup menentukan satu diantara banyak tawaran menurut penyedia jasa e-commerce. Beberapa antara lain yang telah banyak dikenal adalah WooCommerce, Magento, Shopify, dll. Anda pula sanggup menggunakan platform blogspot apabila Anda ingin memulai menciptakan toko online Anda secara gratis.

platform e-commerce

Selain menggunakan platform e-commerce, Anda bisa memulai membuat toko online secara gampang dan gratis melalui marketplace misalnya tokopedia, blibli, bhinneka, lazada, dll. Anda juga mempunyai opsi buat menciptakan toko online perdeo pada media umum seperti Facebook.

Apabila Anda masih pemula & mempunyai modal yg minim, membuat toko online gratisan tentu adalah keputusan yg paling sempurna. Akan namun jika Anda sudah mempunyai pengalaman dalam jual beli online, maka Anda sanggup mulai menciptakan toko online Anda yang powerful dan profesional menggunakan menggunakan E-commerce.

4.    Bangun Toko Online Anda

Pilih platform e-commerce, template toko online blogger, ataupun marketplace yg sesuai menggunakan karakter produk/jasa yang akan Anda tawarkan pada pelanggan. Setting kategori produk & upload inventory (persediaan) Anda dengan berita sebesar yang Anda mampu. Setting metode pengiriman barang & jua sistem pembayarannya.

Jika Anda memakai platform e-commerce maka prosesnya akan lebih gampang lantaran semua bisa Anda kerjakan melalui dashboard. Sementara bila Anda menggunakan tempate toko online blogger, maka Anda wajib mensetting secara manual. Misalnya buat setting metode pembayaran, Anda wajib menciptakan page tersendiri.

Yang paling gampang bagi pemula buat membentuk toko online merupakan melalui marketplace misalnya tokopedia, lazada, blibli, bhinneka & lainnya. Sama mudahnya juga jika menciptakan toko online melalui media umum Facebook.

5.    Iklankan dan Pasarkan Toko Online Anda

Saat toko online Anda sudah jadi dan siap untuk menjadi loka transaksi jual beli online Anda, langkah selanjutnya adalah memperkenalkan toko online Anda pada pelanggan yg potensial. Ada banyak cara buat menjangkau pelanggan potensial Anda melalui media-media kenaikan pangkat online.

Salah satu cara yang termudah adalah melalui media sosial misalnya Facebook, Twitter, Google Plus & lain-lain. Anda juga bisa menggunakan pelaksanaan chatting seperti BBM, Line, Whatsapp buat mempromosikan toko online Anda secara perdeo.

Untuk kenaikan pangkat berbayar, Anda bisa memakai jasa SEO buat membantu toko online Anda masuk ke halaman pertama hasil pencarian mesin pencari Google dengan kata kunci tertentu. Misalnya Anda menjual produk berupa sepatu olahraga, Anda bisa memakai istilah kunci ?Sepatu olahraga murah? Ataupun kata kunci lainnya yang terkait menggunakan bisnis Anda.

Selain jasa SEO, Anda jua mampu memakai jasa pengelola Iklan AdWords yg akan membantu Anda mempromosikan toko online Anda bukan hanya dalam laman pertama Google saja, tetapi jua pada website dan blog yg berhubungan menggunakan Google dan jua produk Google lainnya misalnya Youtube.

Selain memakai media sosial dan mesin pencari buat berpromosi, Anda pula dapat menciptakan konten dalam mempromosikan bisnis Anda. Anda bisa menulis artikel melalui blog ataupun menciptakan video melalui youtube.

Kesimpulan

Berjualan secara online tidaklah sesulit yg kebanyakan dibayangkan sang orang-orang. Dengan lima langkah sederhana yg telah kami uraikan pada atas, kiranya bisa memberi solusi pada mengatasi pertarungan Anda untuk memulai berjualan secara online. Bangun toko online Anda secara sedikit demi sedikit, buat perencanaan dan taktik dengan hati-hati, tidak perlu tergesa-gesa. Bangun reputasi Anda menjadi pebisnis online yg terpercaya & tetap konsisten dalam melakukan kenaikan pangkat .

Jika Anda memiliki pertanyaan atau unek-unek tentang cara berjualan secara online atau cara menciptakan toko online, silahkan untuk meninggalkan pertanyaan/pesan Anda melalui kotak komentar di bawah artikel ini.

Sukri Sudin

Author : Sukri Sudin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Berjualan Online| Hanya Coba"

Posting Komentar