Tips Bagaimana Menggunakan Halaman Facebook untuk Memasarkan Bisnis Anda?| Hanya Coba
SukriSudin.id - Sepertinya semua orang yang berusia mulai dari 21 sampai 35 tahun adalah seorang ahli pemasaran media sosial saat sekarang ini. Sebagian besar diantara mereka menuliskan pada Bio twitternya bahwa mereka adalah semacam pakar/mentor/pemerhati pemasaran internet atau pemasaran media sosial. Padahal belum tentu mereka memiliki latar belakang ataupun dasar-dasar ilmu pemasara (marketing), mereka hanya berpengalaman menggunakan media sosial dalam keseharian mereka.
Sama halnya seperti pengusaha muda yang telah tertarik pada tren ini, pemilik usaha kecil telah ditarik ke media sosial sebagai cara baru untuk memasarkan bisnis mereka dan mendapatkan orang-orang sudah ada di depan mata. Sayangnya, sangat sedikit usaha kecil yang benar-benar telah berhasil dengan hal tersebut, disebabkan banyak yang meninggalkan halaman Facebook mereka, akun Twitter, dan penawaran media sosial berbasis lokasi.
Permasalahan yang terjadi dengan pemasaran media sosial biasanya merupakan hasil dari kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang media modern saat sekarang ini. Pemilik bisnis percaya bahwa hanya dengan menyiapkan akun atau profil dan melakukan update posting setiap harinya maka akan menghasilkan pemirsa dan bisnis yang mereka cari. Mereka mengabaikan kenyataan bahwa media sosial adalah alat pemasaran, dan harus diperlakukan seperti itu. Seperti dengan hal lain yang mungkin Anda gunakan untuk memasarkan bisnis Anda, Anda harus kreatif dan datang dengan strategi yang unik untuk hal itu.
Memilih Facebook sebagai Pemasaran Media Sosial
Bagian dari strategi ini sebaiknya fokus pada satu outlet terbaik yang akan memenuhi kebutuhan Anda. Kecuali Anda adalah salah satu dari banyak pakar media sosial (atau memiliki uang ekstra untuk membayar satu diantara para pakar yang ada), Anda tidak harus membebani diri Anda dengan mencoba untuk bersaing dengan beberapa webiste. Jika Anda tidak yakin dari mana harus memulai, lihatlah apa yang telah dilakukan oleh pebisnis lainnya. Dalam semua kemungkinan, Anda akan menemukan bahwa mayoritas dari mereka telah memilih untuk fokus pada Facebook.
Bagi banyak bisnis berukuran kecil (UKM), halaman Facebook adalah yang paling masuk akal. Facebook memungkinkan Anda untuk membuat halaman khusus, memiliki percakapan dengan pelanggan Anda, dan mudah untuk melakukan posting foto dan video. Dan juga sangat user-friendly (ramah terhadap pengguna), dan mencapai khalayak ramai. Ketika digunakan dengan benar, Facebook bisa menjadi sebuah alat untuk menghasilkan keuntungan bisnis.
Berikut adalah lima cara buat menaikkan penjualan dengan mengupayakan page Facebook Anda ke taraf berikutnya.
Tips buat Menggunakan Facebook untuk Kebutuhan Bisnis
1. Promosikan Halaman Anda menggunakan kontes dan hadiah.
Anda mungkin sudah melakukan ini, tetapi seberapa baik Anda dalam melakukannya? Dan, apakah Anda mengikuti pedoman Facebook? Saran kami adalah dengan menggunakan Aplikasi Wildfire. Dengan biaya yang kecil, aplikasi pencari profesional ini akan menjalankan kontes atau hadiah, dan fitur built-in akan mendorong kontes untuk menjadi viral. Tawarkan sesuatu yang bernilai tinggi sebagai hadiah. Tanyakan pada diri Anda sendiri, "Apakah saya ingin mengikuti kontes ini atau hadiah?" Semakin baik hadiah, semakin banyak orang yang akan Anda dapatkan untuk menyukai halaman Anda.
Dua. Promosikan Halaman Anda pada bisnis Anda.
Menurut kami ini adalah salah satu tips yang paling banyak diabaikan oleh pemilik usaha kecil. Mereka tidak memiliki sesuatu pada tempat usaha yang memberitahu orang-orang untuk terhubung dengan mereka. Dalam era smartphone, orang bisa memberi "suka (like)" halaman Anda kapan dan di mana saja. Bukan hanya memberi tombol “Sign Up (Daftar)” pada website atau vlog atau toko onlne Anda, buatlah sebuah alasan bagi orang untuk memberi "suka" kepada Anda saat itu juga. Misalnya, menawarkan diskon instan jika mereka menunjukkan pada ponsel mereka bahwa mereka telah terhubung dengan halaman Facebook Anda.
3. Posting sebuah konten yang mendorong orang untuk berinteraksi dengan Anda.
Halaman Facebook Anda seharusnya tidak terlihat seperti billboard. Postinglah konten yang membuat orang ingin berinteraksi dengan Anda. Facebook baru saja mengeluarkan sebuah fitur hebat yang disebut "Pertanyaan Facebook," yang memungkinkan Anda untuk membuat status update yang berfungai sebagai sebuah jajak pendapat. Orang yang suka jajak pendapat, dan mereka lebih mungkin untuk berinteraksi dengan pertanyaan Anda daripada memasukkan komentar tentang sesuatu spesial yang baru atau promo Anda. Posting foto dan video yang menarik juga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan orang untuk berinteraksi dengan Anda. Pengguna lebih cenderung untuk melihat foto dari membaca lima kalimat tentang betapa hebatnya produk baru Anda.
4. Bayarlah jasa desain grafis.
Jika Anda ingin halaman Facebook Anda untuk naik ke level berikutnya, maka hal itu perlu
membutuhkan tampilan kustom. Tab Sambutan adalah langkah pertama. Ketika seseorang mendarat di halaman Facebook Anda dan mereka belum "menyukai" halaman Anda tersebut, tab sambutan tidak hanya meminta mereka untuk menyukai halaman Anda, namun juga memberitahu mereka mengapa mereka harus menyukai halaman Anda.Perlu diingat bahwa halaman Anda harus benar-benar terlihat sangat menarik. Jangan coba-coba membuat satu posting dengan diri Anda sendiri menggunakan program Ms. Paint. Ada banyak desainer grafis freelance di luar sana yang bisa Anda dapatkan jasanya untuk membuat tab kustom pada halaman Facebook Anda, dan menginstal aplikasi desain grafis untuk Anda.
5. Berikan imbalan kepada pengikut (followers) media sosial Anda yang paling setia.
Jika Anda menginginkan orang-orang mulai berbicara tentang halaman Facebook Anda, Anda harus mulai membuat para follower setia Anda merasa diistimewakan. Buatlah program "Facebook Fans Only Night". Pilihlah orang tertentu yang selalu memberi komentar pada halaman Anda dan lakukanlah sesuatu yang istimewa pada mereka. Hal seperti ini sangat brmanfaat dalam jangka anjang dan itu benar-benar akan membantu pemasaran dari mulut ke mulut (word-of-mouth) dari bisnis Anda.
Kesimpulan
Berada di Facebook, atau media sosial lainnya, semuanya adalah tentang dua hal, yakni: berhubungan dengan orang sebanyak mungkin dan membuat mereka untuk berinteraksi dengan Anda setiap hari. Segala sesuatu yang Anda lakukan pada halaman Facebook Anda harus memiliki tujuan-tujuan yang ada tersimpan dalam pikiran Anda.
Dalam rangka untuk mendapatkan hasil maksimal dari pemasaran media sosial Anda, Anda memerlukan rencana dan strategi yang kuat. Mengumpulkan sebanyak mungkin "like" adalah ha yang bagus, tetapi jika semua yang Anda lakukan adalah mendorong marketing copy kepada orang-orang, maka mereka akan segera bosan dengan halaman Anda dan bisnis Anda, dan mereka akan berakhir dengan bersembunyi dari Anda dibalik news feed Facebook mereka .
Senada dengan hal di atas, memiliki 500 penggemar Facebook itu luar biasa , tetapi mendapatkan 5.000 penggemar akan memberi peningkatan yang ditandai dalam bisnis sebagai akibat langsung dari halaman Facebook Anda. Melakukan lima hal yang telah kami disarankan di sini, dan Anda akan mulai melihat hasil dalam beberapa bulan ke depan.
Apakah usaha Anda memiliki page Facebook? Apa tips & taktik yg sudah bekerja buat Anda? Silakan mengembangkan menggunakan memberi komentar Anda pada kolom pada bawah artikel ini!
0 Response to "Tips Bagaimana Menggunakan Halaman Facebook untuk Memasarkan Bisnis Anda?| Hanya Coba"
Posting Komentar