Tips Bagaimana Menggunakan Halaman Facebook untuk Memasarkan Bisnis Anda?| Hanya Coba

facebook-marketing

SukriSudin.id - Sepertinya semua orang yang  berusia mulai dari  21 sampai 35 tahun adalah seorang ahli pemasaran media sosial saat sekarang  ini. Sebagian besar diantara mereka menuliskan pada Bio twitternya bahwa  mereka adalah semacam pakar/mentor/pemerhati  pemasaran internet atau pemasaran media sosial.  Padahal belum tentu mereka memiliki latar belakang ataupun dasar-dasar ilmu pemasara (marketing), mereka hanya berpengalaman menggunakan media sosial dalam keseharian mereka.

Sama halnya seperti pengusaha muda yang  telah tertarik pada tren ini, pemilik usaha kecil telah ditarik ke media sosial sebagai cara baru untuk memasarkan  bisnis mereka dan mendapatkan orang-orang sudah ada di depan mata. Sayangnya, sangat sedikit usaha kecil yang benar-benar telah berhasil dengan hal tersebut, disebabkan banyak yang meninggalkan halaman Facebook mereka, akun Twitter, dan penawaran media sosial berbasis lokasi.

Permasalahan  yang terjadi dengan pemasaran media sosial biasanya merupakan hasil dari kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang media modern saat sekarang ini. Pemilik bisnis percaya bahwa hanya dengan menyiapkan akun atau profil dan melakukan update posting setiap harinya maka akan menghasilkan pemirsa dan bisnis yang mereka cari. Mereka mengabaikan kenyataan bahwa media sosial adalah alat pemasaran, dan harus diperlakukan seperti itu. Seperti dengan hal lain yang mungkin Anda gunakan untuk memasarkan  bisnis Anda, Anda harus kreatif dan datang dengan strategi yang unik untuk hal  itu.

Memilih Facebook sebagai  Pemasaran Media Sosial

Bagian dari strategi ini sebaiknya fokus pada satu outlet  terbaik yang akan memenuhi kebutuhan Anda. Kecuali Anda adalah salah satu dari banyak pakar media sosial (atau memiliki uang ekstra untuk membayar satu diantara para pakar yang ada), Anda tidak harus membebani diri Anda  dengan mencoba untuk bersaing dengan beberapa webiste. Jika Anda tidak yakin dari mana harus memulai, lihatlah apa yang telah dilakukan oleh pebisnis lainnya. Dalam semua kemungkinan, Anda akan menemukan bahwa mayoritas dari mereka telah memilih untuk fokus pada Facebook.

Bagi banyak bisnis berukuran kecil (UKM), halaman Facebook adalah  yang paling masuk akal. Facebook memungkinkan Anda untuk membuat halaman khusus, memiliki percakapan dengan pelanggan Anda, dan mudah untuk melakukan posting foto dan video. Dan  juga sangat user-friendly (ramah terhadap pengguna), dan mencapai khalayak ramai.  Ketika digunakan dengan benar, Facebook bisa menjadi sebuah alat untuk menghasilkan keuntungan bisnis.

Berikut adalah lima cara buat menaikkan penjualan dengan mengupayakan page Facebook Anda ke taraf berikutnya.

Tips buat Menggunakan Facebook untuk Kebutuhan Bisnis

1. Promosikan Halaman Anda menggunakan kontes dan hadiah.

kontes-hadiah-halaman-facebook Anda mungkin sudah melakukan ini, tetapi seberapa baik Anda dalam melakukannya? Dan, apakah Anda mengikuti pedoman Facebook? Saran kami adalah dengan menggunakan Aplikasi Wildfire. Dengan  biaya yang kecil, aplikasi pencari  profesional ini akan menjalankan kontes atau hadiah, dan fitur built-in  akan mendorong kontes untuk menjadi viral. Tawarkan sesuatu yang bernilai tinggi  sebagai  hadiah. Tanyakan pada diri Anda sendiri, "Apakah saya ingin mengikuti kontes ini atau hadiah?" Semakin baik hadiah, semakin banyak orang yang akan Anda dapatkan untuk menyukai halaman Anda.

Dua. Promosikan Halaman Anda pada bisnis Anda.

Menurut kami ini adalah  salah satu tips yang paling banyak diabaikan oleh  pemilik usaha kecil. Mereka tidak memiliki sesuatu pada tempat  usaha yang  memberitahu orang-orang untuk terhubung dengan mereka. Dalam era smartphone, orang bisa memberi "suka (like)" halaman Anda kapan dan di mana saja. Bukan hanya memberi tombol “Sign Up (Daftar)”  pada website atau vlog atau toko onlne Anda, buatlah sebuah  alasan bagi orang untuk  memberi "suka"  kepada Anda saat itu juga. Misalnya, menawarkan diskon instan jika mereka menunjukkan pada ponsel mereka bahwa mereka telah terhubung dengan halaman Facebook Anda.

3. Posting sebuah konten  yang mendorong orang untuk berinteraksi dengan Anda.

Halaman Facebook Anda seharusnya tidak terlihat seperti billboard. Postinglah  konten yang membuat orang ingin berinteraksi dengan Anda. Facebook baru saja mengeluarkan sebuah  fitur hebat  yang disebut "Pertanyaan Facebook," yang memungkinkan Anda untuk membuat status update yang berfungai  sebagai sebuah jajak pendapat. Orang yang suka jajak pendapat, dan mereka lebih mungkin untuk berinteraksi dengan pertanyaan Anda daripada memasukkan komentar tentang sesuatu spesial yang baru atau promo Anda. Posting foto dan video yang menarik  juga merupakan  cara yang bagus untuk mendapatkan orang untuk berinteraksi dengan Anda. Pengguna lebih cenderung untuk melihat foto dari membaca lima kalimat tentang betapa hebatnya produk baru Anda.

4. Bayarlah jasa desain grafis.

Jika Anda ingin halaman Facebook Anda untuk naik ke level  berikutnya, maka  hal itu perlu

membutuhkan  tampilan kustom.  Tab Sambutan adalah langkah pertama. Ketika seseorang mendarat di halaman Facebook Anda dan mereka belum "menyukai"  halaman Anda tersebut, tab sambutan tidak hanya meminta mereka untuk menyukai halaman Anda,  namun  juga memberitahu mereka mengapa mereka harus menyukai halaman Anda.

Perlu diingat bahwa halaman Anda harus benar-benar  terlihat  sangat menarik.  Jangan coba-coba  membuat satu posting dengan diri Anda sendiri menggunakan program  Ms.  Paint. Ada banyak desainer grafis freelance di luar sana yang bisa Anda dapatkan jasanya   untuk membuat tab kustom pada halaman Facebook Anda, dan menginstal  aplikasi desain grafis untuk Anda.

5. Berikan imbalan kepada  pengikut (followers) media sosial Anda yang paling setia.

Jika Anda menginginkan  orang-orang mulai berbicara tentang halaman Facebook Anda, Anda harus mulai membuat para follower  setia Anda merasa diistimewakan. Buatlah program  "Facebook Fans Only Night". Pilihlah  orang tertentu yang selalu memberi  komentar pada halaman Anda dan lakukanlah  sesuatu yang istimewa pada mereka. Hal seperti ini sangat brmanfaat dalam jangka anjang dan itu benar-benar akan membantu pemasaran dari mulut ke mulut (word-of-mouth) dari bisnis Anda.

Kesimpulan

Berada di Facebook, atau media sosial lainnya, semuanya adalah tentang dua hal, yakni: berhubungan  dengan orang sebanyak mungkin dan membuat mereka untuk berinteraksi dengan Anda setiap hari. Segala sesuatu yang Anda lakukan pada halaman Facebook Anda harus memiliki tujuan-tujuan yang ada tersimpan dalam pikiran Anda.

Dalam rangka untuk mendapatkan hasil maksimal dari pemasaran media sosial Anda, Anda memerlukan  rencana dan strategi yang kuat. Mengumpulkan sebanyak mungkin "like" adalah ha yang bagus, tetapi jika semua yang Anda lakukan adalah mendorong marketing copy kepada orang-orang,  maka mereka akan segera bosan  dengan halaman Anda dan bisnis Anda, dan mereka akan berakhir  dengan bersembunyi  dari Anda dibalik news feed Facebook mereka .

Senada dengan hal di atas, memiliki 500 penggemar Facebook  itu luar biasa , tetapi mendapatkan  5.000 penggemar akan memberi peningkatan yang ditandai dalam bisnis sebagai akibat langsung dari halaman Facebook Anda. Melakukan lima hal yang telah kami  disarankan di sini, dan Anda akan mulai melihat hasil dalam beberapa bulan ke depan.

Apakah usaha Anda memiliki page Facebook? Apa tips & taktik yg sudah bekerja buat Anda? Silakan mengembangkan menggunakan memberi komentar Anda pada kolom pada bawah artikel ini!

Sukri Sudin

Author : Sukri Sudin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Bagaimana Menggunakan Halaman Facebook untuk Memasarkan Bisnis Anda?| Hanya Coba"

Posting Komentar