Cara Mengirim Gambar Agar Tidak Pecah Di WhatsApp

Suatu ketika teman saya mengirim foto hasil jepretannya kepada saya melalui aplilkasi WhatsApp. Setelah saya download foto tersebut tertnyata ukurannya kecil. Kemudian saya telusuri lebih lanjut, resolusinya menjadi kecil sehingga gambarnya pun juga jelek.

Padahal teman saya itu memotret menggunakan kamera yang menurut saya sangat bagus, bukan kamera HP. Seharusnya kan gambarnya sangat bagus, tidak pecah meskipun di-zoom berapa kali pun.

Lho ko Gambarnya bisa pecah gitu guys?

Ternyata itu memang disengaja guys karena WhatsApp melakukan kompresi kepada file image secara otomatis. Dengan begitu ukuran filenya akan berkurang dari file sebenarnya.

Misalnya ketika kita akan mengirim gambar yang ukurannya 1 MB melalui aplikasi WhatsApp. Ketika dikirim, gambarnya akan berkurang menjadi 115 kb. Kenapa harus diperkecil?

Salah satu alasannya karena untuk mempercepat proses pengiriman file. Selain itu ukuran file yang berhasil di-download akan kecil ketika berada di memori handpohone. Alhasil gambarnya menjadi lebih kecil.

Hal ini tentu saja akan menimbulkan masalah untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu. Misalnya ketika kita akan mengirimkan gambar untuk dicetak di percetakan melalui WA. Kalau ukurannya kecil, resolusinya juga kecil. Sehingga hasil cetakannya juga pasti jelek.

Sebenarnya kita juga bisa mengirim file gambar tersebut melalui aplikasi lain seperti Email. Tapi kalau menurut saya terbilang ribet . Saya lebih simple pakai WA. Lalu bagaimana caranya?

Dengan memanfaatkan fitur yang ada, kita bisa mengirim gambar melalui WA tanpa dikompress ukurannya atau tidak pecah. Caranya cukup gampang ko guys. Ada dua pilihan yang bisa kamu lakukan untuk mengirimkan gambar. Untuk klebih jelasnya lihat gambar di bawah.

Caranya yaitu kamu hanya perlu menekan tolmbol Dokumen, bukan Galeri. Dengan begitu gambar yang akan kamu kirimkan tidak akan pecah.

Sekian saja guys tutorial sederhana. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengirim Gambar Agar Tidak Pecah Di WhatsApp"

Posting Komentar