Tips Cara Bikin Toko Online di Tokopedia| Hanya Coba

toko pedia

SukriSudin.id - Selain toko online Facebook, para pelaku bisnis online juga diberi pilihan untuk menjual produknya melalui marketplace seperti Tokopedia. Saat sekarang ini sudah banyak sekali pebisnis online yang jualan pada Tokopedia.

Selain perdeo, fasilitas yang disediakan oleh Tokopedia sudah sangat memadai dan tampilan toko onlinenya jua relatif keren. Pada kesempatan kali ini, Indonesia Digital Marketing akan membahas langkah-langkah menciptakan toko online di Tokopedia.

Langkah-langkah Membuat Toko Online di Tokopedia

1.    Kunjungi Website Tokopedia

Silahkan mengunjungi website Tokopedia dengan cara mengetikkan domain Tokopedia pada browser Anda, atau bisa juga dengan langsung meng-klik link ini: www.Tokopedia.Com

toko-online-tokopedia-1

2.    Gulung Layar Anda ke Bagian Footer

Setelah Anda masuk ke halaman depan website Tokopedia, gulung layar Anda sampai batas akhir (bagian footer). Kemudian klik tombol ?Jualan pada Tokopedia?.

toko-online-tokopedia-2

3.    Buka Toko (Member Baru)

Tulis/ketikkan nama toko yang Anda inginkan pada kotak yang disediakan, kemudian klik tombol ?Buka Toko? (lihat gambar di bawah).

toko-online-tokopedia-3

4.    Mendaftar

Jika Anda baru pertama kali masuk ke tokopedia (belum terdaftar), Anda diharuskan buat mendaftar terlebih dahulu sebelum menciptakan toko online Anda.

Caranya adalah dengan meng-klik tombol “Daftar di sini” atau bisa juga mendaftar langsung dengan menggunakan akun media sosial. Dalam kasus ini kami menggunakan akun Google (perhatikan gambar di bawah).

toko-online-tokopedia-5

5.    Membuat Password Baru

Ketikkan password/istilah sandi Anda (password diharuskan terdiri menurut minimal satu alfabet kapital atau huruf besar ). Ketikkan ulang kata sandi Anda, kemudian pilih tanggal lahir Anda pada kolom yg telah disediakan dan isikan/ketikkan nomor handphone Anda.

Selanjutnya centang/klik kotak “Saya sudah menyetujui Syarat dan Ketentuan, serta Kebijakan Privasi dari Tokopedia” . Kemudian klik tombol “Buat Password” (lihat gambar di bawah).

toko-online-tokopeda-5

6.    Verifikasi Nomor Handphone

Masukkan/ketikkan nomor handphone Anda pada kotak “Nomor Terdaftar” kemudian klik tombol “Kirim Kode Verifikasi”. Kode akan dikirimkan ke nomor handphone Anda melalui sms. Hanya butuh waktu beberapa detik untuk menerima kode tersebut.

Jika Anda telah menerim sms tersebut, masukkan/ketikkan kode verifikasi pada kotak “Kode Verifikasi”, kemudian klik tombol “Submit”.

7.    Kembali ke Beranda

Setelah Anda mengirim kode verifikasi dan prosesnya benar maka Anda akan menerima ucapan terima kasih dari Tokopedia.  Untuk menuju ke proses selanjutnya, silahkan klik tombol “Kembali ke Beranda”.

toko-onlne-tokopedia-7

8.    Buka Toko (Member)

Pada menu di samping kiri silahkan untuk meng-klik tombol ?Buka Toko? (lihat gambar di bawah).

toko-online-tokopedia-8

9.    Mengisi Informasi Toko

Masukkan/ketikkan domain, nama, slogan dan deskrisi/keterangan dari toko online Anda (perhatikan contohnya pada gambar di bawah).

toko-online-tokopedia-9

Selanjutnya pilih sebuah gambar menurut personal komputer Anda buat dijadikan logo toko online Anda, lalu pilih asal pengiriman sesuai alamat Anda (buat lebih detail perhatikan gambar di bawah).

toko-online-tokopedia-10

Selanjutnya pilih perusahaan jasa pengiriman barang yang akan Anda pakai dalam mengirimkan produk kepada pelanggan (lihat gambar pada bawah).

toko-online-tokopedia-11

Selanjutnya klik tombol ?Buka Toko? .

toko-online-tokopedia-12

Kini toko online Tokopedia Anda telah jadi. Anda akan mendapatkan ucapan selamat dari Tokopedia. Jangan lupa untuk mencatat atau menyimpan alamat URL toko online Anda.  URL ini dapat Anda gunakan untuk memprosikan toko online Anda baik melalui media sosial, aplikasi chatting, Google AdWords, dan lainnya.

Untuk menambahkan produk pertama Anda, silahkan untuk meng-klik tombol “Tambahkan Produk Pertama Anda” (perhatikan gambar di bawah).

toko-online-tokopedia-13

10.      Menambahkan Produk

Ketikkan/masukkan nama produk Anda, rekomendasi, gambar, kategori, harga, ukuran, dan lainnya.

toko-online-tokopedia-14

Kesimpulan

Cukup mudah untuk menciptakan toko online perdeo di Tokopedia, sama halnya dengan membuat toko online perdeo pada Facebook. Anda hanya perlu melakukan beberapa klik sesuai dengan petunjuk yg telah kami berikan. Apabila Anda mempunyai pertanyaan mengenai langkah-langkah menciptakan toko online di Tokopedia ini, silahkan meninggalkan pertanyaan Anda dalam kolom komentar di bagian bawah artikel ini (setelah related post).

Sukri Sudin

Author : Sukri Sudin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Bikin Toko Online di Tokopedia| Hanya Coba"

Posting Komentar