Tips Cara Beriklan di Facebook : Langkah-langkah Beriklan Melalui Facebook| Hanya Coba

iklan fb, iklan facebook

SukriSudin.id - Saat Anda memutuskan untuk beriklan melalui Facebook, ada banyak hal yang patut untuk diperhatikan dan dipertimbangkan.

Apakah Anda menargetkan orang-orang yang sempurna? Apakah Anda menjalankan jenis iklan yang tepat? Apakah dimensi gambar Anda buat diskalakan? Sejujurnya, hal-hal tadi bisa saja sedikit membingungkan, apalagi bagi Anda yg masih baru pada global online advertising (periklanan online).

Dengan jumlah pengguna Facebook yang berjumlah lebih berdasarkan 1,4 triliun & lebih menurut 900 juta kunjungan setiap harinya, Facebook menawarkan peluang yang unik dan akbar pada pemasar (marketers) buat mempertinggi penjualannya. Masalahnya, ke 2 investasi yakni ketika dan uang yang Anda gunakan pada kampanye iklan, tidaklah memiliki relatif ruang pada pengawasannya.

Untuk membantu Anda, Indonesia Sukri Sudin Digital Marketer telah mengumpulkan daftar rincian yang diperlukan dalam berkampanye melalui Facebook secara benar.  Ini akan membantu Anda untuk memastikan bahwa  Anda menargetkan pemirsa yang tepat, dengan iklan yang tepat, dan pada waktu yang tepat.

Daftar Utama dalam Membuat & Mengoptimalkan Iklan Facebook

Facebook menawarkan berbagai macam pilihan iklan berbayar dan begitu juga dengan penempatan iklannya (tempat di mana iklan Anda akan ditampilkan), tetapi semua iklan dapat dipecah menjadi tiga elemen:

1.    Kampanye.

kampanye adalah rumah untuk semua aset kampanye iklan Anda.

2.    Set iklan.

Jika Anda menargetkan pemirsa/pengunjung Facebook  dengan karakteristik yang berbeda, maka Anda akan membutuhkan iklan sendiri-sendiri  untuk setiap karakteristik pemirsa.

3.    Iklan.

Iklan Anda sebenarnya menyatu dalam set iklan Anda. Setiap set iklan dapat memegang berbagai iklan yang bervariasi dalam warna, copy, gambar, dll.

Dengan terminologi/pengertian tersebut di atas, kita akan mengurai lebih dalam bagaimana membuat  iklan Facebook.

1. Menentukan editor yang paling tepat.

Facebook menawarkan kepada pengguna dua tools/alat yang berbeda dalam membuat iklan berbayar, yakni: Ads Manager (Pengelelola Iklan) dan Power Editor. Ketika ingin memutuskan mana yang paling cocok untuk Anda, Anda perlu mempertimbangkan ukuran bisnis Anda dan jumlah iklan yang akan Anda jalankan dalam sekali kampanye.

Saat sekarang ini, Ads manager paling sesuai dengan sebagian besar perusahaan, sedangkan Power Editor lebih berfungsi sebagai alat bagi perusahan besar yang mencari kontrol yang lebih tepat atas berbagai kampanye iklan mereka. Pada pembahasan artikel ini, Anda akan mendapatkan uraian lebih detail bagaimana membuat iklan menggunakan Ads Manager.

2. Pilih Sebuah Tujuan/Objektif

Sama halnya pada berbagai jaringan iklan media sosial lainnya, Ads Manager Facebook dirancang dengan tujuan kampanye yang ada dalam pikiran Anda. Sebelum memulai, Ads Manager akan meminta Anda untuk memilih tujuan dari kampanye iklan Anda:

cara beriklan melalui facebook 2

Ada 10 tujuan yang berbeda untuk  Anda pilih sebagai tujuan/objektif dari program kampanye iklan Anda. Daftar ini mencakup segala sesuatunya mulai dari mengirim pengunjung ke website/toko online Anda,  untuk mendapatkan pemasangan aplikasi Anda, sampai pada tujuan  untuk meningkatkan kehadiran di acara yang Anda akan adakan.

Dengan memilih salah satu dari tujuan tersebut,  Anda memberikan Facebook ide yang lebih baik dari apa yang Anda ingin lakukan sehingga mereka dapat memberikan pilihan iklan yag terbaik. Pilihan iklan Facebook meliputi:

-    Keterlibatan Halaman Posting

-    Sukai Halaman

-    Klik ke Website

-    Konversi Website

-    Menginstall Aplikasi

-    Keterlibatan Aplikasi

-    Tanggapan Acara

-    Penawaran Klaim

-    Penonton Video

-    Kesadaran Lokal

Katakanlah, misalnya tujuan Anda adalah untuk mengarahkan lalu lintas pengunjung Facebook menuju ke website Anda. Ketika Anda memilih opsi ini, Facebook akan meminta Anda untuk memasukkan URL dari website Anda untuk dipromosikan.

Jika Anda menggunakan software marketing oautomasi, pastikan untuk membuat URL pelacakan yang unik dengan parameter UTM. Dalam hal ini untuk memastikan bahwa Anda akan mampu melacak lalu lintas dan konversi dari iklan Anda. Untuk pelanggan HubSpot, hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan Tracking URL Builder.

Setelah tujuan/objective dipilih, Facebook kemudian akan menampilkan opsi iklan yang paling tepat  dalam hal mencapai tujuan dari kampanye iklan Anda.

3. Pilih Pemirsa Anda.

Saat Anda telah memulai kampanye iklan Anda dengan membayar iklan di Facebook,  Anda akan dihadapkan dengan kemungkinan bahwa Anda harus bereksperimen dengan beberapa pilihan penargetan yang berbeda sampai iklan Anda mencapai pemirsa  yang tepat.

Untuk membantu dalam mempersempit fokus  Anda, kriteria penargetan Facebook dilengkapi dengan sebuah pengukur definisi pemirsa. Alat ini - terletak di sebelah kanan bidang penargetan pemirsa - mengambil semua properti yang dipilih menjadi pertimbangan dalam rangka untuk mendatangkan sejumlah jangkauan potensial.

Dengan memilih kriteria yang Anda inginkan, Facebook akan menampilkan jumlah pemirsa yang dapat dijangkau oleh iklan Anda. Semakin sempit fokus penargetan iklan Anda maka akan semakin sedikit pula pemirsa yang dapat dijangkau namun akan semakin potensial pula pelanggan yang akan dijangkau.

Jika Anda ragu antara memilih pemirsa yang spesifik dibanding pemirsa yang lebih luas, pertimbangkan tujuan Anda. Jika Anda mencari kunjungan website, Anda mungkin  ingin berfokus pada kriteria orang yang Anda prediksi akan tertarik dengan penawaran Anda. Namun, jika Anda bertujuan untuk membangun kesadaran merek atau mempromosikan tawaran yang menarik, jangan ragu untuk berfokus pada pemirsa yang lebih umum (penargetan secara luas).

iklan facebook 3, cara beriklan melalui facebook 3

Facebook terdiri atas penargetan yang sangat luas, termasuk pilihan seperti:

-    Tempat

-    Usia

-    Jenis kelamin

-    Bahasa

-    Hubungan

-    Pendidikan

-    Pekerjaan

-    Keuangan

-    Rumah

-    Suku

-    Generasi

-    Orangtua

-    Politik (hanya untuk wilayah di USA)

-    Peristiwa kehidupan

-    Minat

-    Perilaku

-    Koneksi

Anda juga memiliki kesempatan untuk memilih Pemirsa Custom - ini memungkinkan Anda untuk menargetkan orang-orang di Facebook yang berada dalam database kontak perusahaan Anda, mengunjungi halaman di situs Web Anda yang memiliki data pelacakan, atau menggunakan aplikasi atau permainan Anda.

Setelah Anda menemukan kelompok yang memberi respon dengan baik terhadap iklan Anda, Facebook memungkinkan Anda untuk menyimpan pemirsa ini untuk digunakan pada kampanye Anda yang lainnya - sehingga Anda mungkin tidak perlu menyediakan waktu dan tenaga untuk mengulangi langkah ini setelah Anda menjalankan iklan Facebook untuk sementara waktu.

4. Menetapkan anggaran.

Facebook menawarkan kepada pengiklan beberapa pilihan untuk mengatur anggaran baik anggaran harian atau anggaran jangka panjang. Berikut adalah cara membuat anggaran iklan pada Faceboook:

-    Anggaran Harian.

Jika Anda ingin menetapkan iklan untuk terus berjalan sepanjang hari, ini adalah pilihan yang perlu Anda ambil. Menggunakan anggaran harian berarti bahwa Facebook akan menetapkan pengeluaran Anda per hari. Perlu diingat bahwa anggaran harian minimum untuk set iklan adalah Rp 10.000 untuk dan harus minimal 2x dari biaya perklik set iklan Anda.

-     Anggaran Jangka Panjang.

Jika Anda ingin menjalankan iklan dalam jangka waktu tertentu, pilihlah anggaran jangka panjang. Ini berarti bahwa Facebook akan menghabiskan  pembelanjaan  iklan Anda selama jangka waktu yang ditetapkan untuk iklan tetap berjalan.

Untuk menentukan anggaran Anda secara detail, beralihlah ke opsi lanjutan. Bagian tersebut memberikan Anda kemungkinkan  untuk menentukan beberapa hal, diantaranya:

Jadwal

Anda dapat memilih apakah ingin kampanye iklan langsung berjalan dan terus menerus ataukah Anda ingin mengatur tanggal mulai dan berakhirnya program kampanye iklan Anda.  Anda juga dapat mengatur parameter sehingga iklan Anda dapat berjalan selama jam dan hari tertentu dalam seminggu.

Optimasi & Harga

Pilih apakah Anda ingin melakukan penawaran  perklik ataukah tayangan untuk tujuan kampanye iklan Anda. (Ini akan mengubah bagaimana iklan akan ditampilkan dan  biayanya.) Dengan demikian, Anda akan membayar untuk iklan yang akan ditampilkan kepada orang-orang dalam target pemirsa Anda yang lebih memungkinkan untuk menyelesaikan tindakan yang Anda inginkan, tetapi Facebook akan mengontrol berapa tawaran maksimal Anda.

Jika Anda tidak ingin Facebook yang menetapkan tawaran optimal untuk Anda, maka Anda dapat memilih penawaran manual. Opsi ini memberikan Anda kontrol penuh atas berapa banyak Anda yang ingin bayar atas setiap tindakan yang diselesaikan oleh pemirsa iklan Anda. Namun, Facebook akan memberikan tawaran yang disarankan berdasarkan perilaku pengiklan lain untuk memberikan Anda pandangan tentang apa yang sebaiknya Anda tetapkan.

Pengiriman

Jenis pengiriman iklan memiliki dua kategori yakni: standar dan dipercepat. pengiriman standar akan menampilkan iklan Anda sepanjang hari, sementara pengiriman dipercepat membantu Anda mencapai pemirsa secepat mungkin untuk iklan yang memiliki sensitifitas terhadap waktu (Catatan: opsi ini membutuhkan tawaran harga manual).

5. Buat Iklan Anda.

Seperti apa tampilan iklan yang Anda inginkan? Itu semua tergantung pada tujuan awal Anda.

Jika Anda memiliki tujuan untuk meningkatkan jumlah klik ke website Anda, Ads Manager Facebook akan menyarankan opsi iklan “Klik ke Website”. Seperti itu logikanya, bukan?

Opsi iklan ini dipecah menjadi dua format: Link dan Carousel. Secara umum, hal ini berarti bahwa Anda dapat menampilkan satu iklan gambar (Link) atau beberapa-gambar iklan (Carousel) dengan tiga hingga lima gambar bergulir tanpa biaya tambahan.

Iklan Link akan ditampilkan seperti ini:

iklan facebook 4, cara beriklan di facebook 4

Sementara iklan Carousel akan ditampilkan seperti ini:

iklan facebook 5, cara beriklan di facebook 5

Setelah Anda memutuskan diantara dua pilihan tersebut, Anda harus meng-upload aset kreatif Anda. Sangat penting untuk Anda catat bahwa untuk setiap jenis iklan, Facebook mengharuskan pengguna untuk mematuhi kriteria desain tertentu.

Untuk iklan gambar tunggal, Facebook meminta pengguna untuk mematuhi pertimbangan sebagai berikut:

-    Teks: 90 karakter

-    Judul Link: 25 karakter

-    Rasio Gambar: 1,91: 1

-    Ukuran Gambar: 1200 piksel x 627 piksel. (Gunakan lebar gambar minimal 600 piksel untuk iklan yang muncul di News Feed.)

Untuk iklan beberapa-gambar - juga dikenal sebagai iklan Carousel - Facebook memberikan rekomendasi desain sebagai berikut:

-    Rekomendasi ukuran gambar: 600 x 600 piksel

-    Rasio gambar: 1: 1

-    Teks: 90 karakter

-    Headline: 40 karakter

-    Keterangan Link: 20 karakter

-    Gambar Anda mungkin tidak terdiri lebih dari 20% teks.

Perlu diingat bahwa ini adalah pilihan iklan dengan tujuan/objektif untuk "mengirim pemirsa ke website Anda".

Setelah Anda memilih jenis iklan, Ads Manager akan meminta Anda untuk mengidentifikasi bagaimana Anda ingin menampilkan iklan. Pilihan yang mereka berikan adalah sebagai berikut:

-    Desktop News Feed

-    Mobile News Feed, dan

-    Kolom Desktop Kanan.

Berikut adalah cara setiap iklan akan muncul:

Desktop News Feed

cara beriklan di facebook 6, iklan facebook 6

Ponsel News Feed

iklan facebook 7, cara beriklan di facebook 7

Kolom Desktop Kanan

iklan facebook 8, cara beriklan di facebook 8

Perlu disadari jika iklan Anda tidak terkait dengan halaman Facebook, Anda hanya akan dapat menjalankan iklan Kolom Desktop kanan.

6. Melaporkan kinerja.

Setelah iklan berjalan, Anda tentunya ingin mengetahui bagaimana iklan berjalan. Untuk melihat hasil dari kampanye iklan, Anda dapat melakukannya di dua tempat, yakni: Ads Manager Facebook dan software pemasaran Anda.

Ads Manager Facebook

Ads Manager Facebook adalah dashboard canggih yang menyediakan informasi kepada pengguna dengan semua gambaran dari  kampanye mereka.

Dibagian depan, dashboard menyoroti perkiraan berapa banyak dana yang iklan Anda habiskan setiap hari. Dashboard ini dibuat dalam bentuk  kolom yang mempermudah untuk menyaring informasi iklan Anda sehingga Anda dapat membuat tampilan kustom dari informasi tersebut.

Menurut Facebook, berikut merupakan beberapa ukuran kunci yang menjadi pertimbangan:

-    Kinerja (performance)

-    Pertalian (engagement )

-    Video

-    Website

-    Applikasi

-    Peristiwa.

-    Klik

-    Pengaturan

Software Pemasaran Anda

Walaupun ada  banyak rincian untuk selalu diperhatikan ketika merencanakan iklan Facebook berbayar, penting bagi Anda untuk tidak melupakan gambaran besarnya. Pelaporan klik dan konversi dari Facebook memang  penting, namun jika Anda menggunakan URL dengan kode UTM tertentu, Anda memiliki kesempatan untuk mengukur efektivitas penuh dari corong iklan menggunakan software pemasaran Anda.

Pelacakan URL akan membantu software pemasaran Anda untuk melacak berapa banyak lead, atau lebih baik lagi, berapa banyak pelanggan yang telah diperoleh dari usaha periklanan Anda. Informasi ini berguna dalam menentukan nilai pengembalian investasi dari kampanye iklan Anda (ROI), dan juga bisa dipakai untuk menginformasikan strategi  Anda.

Demikian langkah-langkah dalam beriklan melalui Facebbok yang efektif dan efisien. Semoga pembahasan yang diberikan oleh Sukri Sudin Digital Marketer ini dapat membantu Anda dalam membuat kampanye iklan Facebook yang berkualitas dan tentunya memberikan keuntungan maksimal bagi bisnis Anda.

Jika ada yang ingin Anda tanyakan atau sampaikan, silahkan untuk menuliskan pertanyaan atau pesan Anda pada kolom komentar di bagian bawah setelah artikel ini.

Ingin belajar lebih dalam tentang Iklan Facebook & Channel Digital Marketing lainnya?

http://development.sukrisudin.id/

Sukri Sudin

Author : Sukri Sudin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Beriklan di Facebook : Langkah-langkah Beriklan Melalui Facebook| Hanya Coba"

Posting Komentar