Perbedaan UTBK dan SBMPTN yang Harus Diketahui Sebelum Daftar PTN

Perbedaan UTBK dan SBMPTN

UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer)

UTBK merupakan tes tulis yang diselenggarakan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) dan terdiri dari dua jenis tes yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Sebelum tahun 2019, tes masuk perguruan tinggi dilakukan secara tertulis atau dikenal sebagai UTBC.

Dalam ujian UTBK, kamu akan diberi soal yang bertujuan untuk memprediksi tingkat keberhasilan kamu sebagai calon mahasiswa. Karena hasil dari tes ini akan menjadi persyaratan wajib untuk mendaftar SBMPTN. UTBK sendiri tidak hanya dilakukan sekali, tapi 10 kali tes yang dibagi menjadi dua gelombang.

Hasil tes UTBK merupakan persyaratan wajib untuk masuk ke perguruan tinggi melalui dua jalur yang telah ditetapkan oleh LTMPT, yaitu SBMPTN dan Ujian Mandiri.

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

SBMPTN merupakan tes atau ujian tulis sebelum masuk perguruan tinggi negeri. Ada tiga materi yang diujikan yaitu IPA, IPS, dan IPC. Tapi pada tahun 2019 lalu, banyak sistem pelaksanaan tes pada SBMPTN. Jika sebelumnya fungsi SBMPTN itu adalah tes dan seleksi, kini SBMPTN hanya bersifat saja karena sistem seleksinya sudah digantikan dengan UTBK.

Setelah melakukan pendaftaran SBMPTN yang sesuai dengan PTN yang kamu tuju, kemudian pihak perguruan tinggi akan menyeleksi siswa mana yang layak untuk masuk perguruan tinggi tersebut. Kriteria penilaiannya tergantung pada kebijakan masing-masing perguruan tinggi. Tapi nilai UTBK akan menjadi bekal untuk penilaian SBMPTN.

Perbedaan UTBK dan SBMPTN

Secara singkat, UTBK merupakan tes wajib yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa sebelum masuk perguruan tinggi. Sementara SBMPTN merupakan seleksi setelah kamu mendapatkan nilai dari UTBK yang dilakukan sebelumnya.

Jadi perjuanganmu untuk masuk perguruan tinggi tidak berakhir di UTBK, tapi harus terus berlanjut di SBMPTN. Kamu harus tetap bersaing dengan calon mahasiswa lain meskipun nilai UTBK kamu tinggi. Supaya peluang kamu untuk lolos SBMPTN sangat tinggi, maka saya sarankan untuk menyusun strateginya jauh lebih awal.

Itulah perbedaan UTBK dan SBMPTN yang harus kamu ketahui. Pengetahuan ini harus kamu ketahui karena sangat berpengaruh terhadap nasib kamu di masa depan nanti. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Banyak Diminati dan Menjanjikan di Masa Depan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan UTBK dan SBMPTN yang Harus Diketahui Sebelum Daftar PTN"

Posting Komentar