Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger dan Wordpress (untuk Pemula)

Cara Membuat Blog Gratis

Cecepkocep.com - Cara membuat blog gratis di blogspot memang sangat mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, kita membutuhkan waktu yang relatif lama untuk bisa membangun sebuah blog yang bisa menghasilkan uang.

Banyak blogger yang tidak melanjutkan hobinya tersebut karena menulis sebuah artikel itu tidaklah mudah, apalagi artikel yang kita buat harus benar-benar berkualitas dan bermanfaat bagi banyak orang. Jadi tidak banyak para blogger yang meninggalkan pekerjaan ini karena harus bentrok dengan pekerjaan mereka yang lain.

Akan tetapi, jika kita tekun menulis artikel kemudian mampu bertahan dalam membangun sebuah blog, saya yakin usaha tersebut akan membuahkan hasil. Di awal-awal, memang saya kalian jangan berfokus untuk mendapatkan uang dari blog.

Pada dasarnya, membuat blog gratis itu bisa dengan menggunakan Blogger atau Wordpress. Akan tetapi saya menyarankan untuk menggunakan blogger. Sebab blogger ini sangat mudah untuk kita operasikan, apalagi untuk blogger pemula.

Penasaran cara pembuatannya bagaimana? Yuk kita lihat ulasanya di bawah ini.

Cara membuat Akun Google (Gmail) untuk Blog

Untuk membuat blog di blogger atau blogspot, kita harus memiliki akun email Gmail terlebih dahulu. Berikut ini cara membuat akun email Gmail.

Pertama, kalian harus membuat email terlebih dahulu dengan akun Gmail. Untuk membuat email ini, kalian harus masuk terlebih dahulu ke halamanGmail.com. Isi nama depan dan nama belakang kalian, kemudian nama pengguna emailnya. Tak lupa juga isi kata sandi dan konfirmasi kata sandi. Jika sudah selesai klikBerikutnya.

Cara membuat Akun Google

Setelah itu, isikan nomor telepon kalian (opsional) dan juga email pemulihan. Jika kalian sudah punya email sebelumnya, kalian bisa isi dengan email tersebut. Jika tidak juga tidak apa-apa. Fungsi dari nomor telepon dan email pemulihan tersebut untuk pemulihan jika email baru kalian mengalami masalah, misalnya lupa kata sandi.

Kemudian isi juga tanggal lahir kalian beserta jenis kelamin. Jika dirasa sudah benar, klikBerikutnya.

Cara membuat Akun Google

Cara membuat Akun Google

Setelah itu, cek pesan (SMS) di HP kalian. Jika ada pesan dari Google, lihat kode yang diberikan, dan masukkan di halaman seperti di bawah ini. Kemudian klikVerifikasi.

Cara membuat Akun Google

Di halaman selanjutnya, kalian akan diberikan opsi oleh Google. Apakah nomor telpon kalian akan digunakan untuk berbagai layanan Google atau tidak. Kalau tidak pilihLewati. Kalau saya sendiri pilih lewati saja.

Cara membuat Akun Google

Setelah itu kalian akan disuguhkan dengan bacaan privasi dan persayaratan akun Google. Jika kalian sudah membaca semuanya, klikLanjutkan.

Cara membuat Akun Google

Pembuatan email akun Gmail sudah selesai dibuat. Kalian bisa klikBerikutnya.

Cara membuat Akun Google

Di halaman berikutnya kalian bisa memilih tampilan akun Gmail kalian. Kemudian klikOk.

Cara Membuat Blog Di Blogger

Setelah kita berhasil membuat akun Gmail, sekarang kita akan lanjut pada pembuatan blognya. Pertama, kalian masuk terlebih dahulu ke halaman blogger.com. Tampilannya seperti gambar di bawah ini. Kemudian klikCREATE YOUR BLOG.

Cara Membuat Blog Di Blogger

Setelah itu pilih akun Gmail yang telah sebelumnya kita buat. Di sini saya pilih akun yang nomor 2.

Cara Membuat Blog Di Blogger

Setelah itu, masukkan kata sandi yang sesuai dengan akun gmail. Jika sudah klikBerikutnya.

Cara Membuat Blog Di Blogger

Setelah itu, masukkan Nama Tampila profil Blogger kalian, misalnya Kang Kocep. Jika sudah, klikLanjutkan ke Blogger.

Cara Membuat Blog Di Blogger

Setelah itu, klikBUAT BLOG BARU

Cara Membuat Blog Di Blogger

Setelah itu, kalian masukkan judul blog yang akan kalian buat, lalu alamat blognya juga masukkan. Jangan lupa juga pilih tema tampilan blog yang sesuai dengan selera kalian masing-masing. Jika sudah, klikBuat Blog.

Cara Membuat Blog Di Blogger

Pembuatan blog gratis di Blogger sudah selesai. Jika ada tampilan seperti gambar di bawah ini, klikLain kali.

Cara Membuat Blog Di Blogger

Cara Membuat Blog Di Blogger

Cara Membuat Blog Di Wordpress

Pertama, kalian masuk terlebih dahulu ke halamanWordpress.com. Setelah itu klikMULAI.

Cara Membuat Blog Di Wordpress

Setelah itu, isi alamat email kalian (yang telah tadi buat), kemudian isi juga Nama Pengguna dan Kata Sandi. Setelah itu klikBuat Akun Anda.

Cara Membuat Blog Di Wordpress

Isikan judul kalian, kemudian deskripsinya, serta tujuan utama kalian membuat blog. Kemudian KlikLanjutkan.

Cara Membuat Blog Di Wordpress

Kemudian masukkan alamat dari blog yang kalian buat. Karena kita akan menggunakan blog versi gratisan, makaPilih yang .wordpress.com.

Cara Membuat Blog Di Wordpress

Setelah itu kalian akan diberikan pilihan mengenai paket blog berbayar, tapi pilih yang gratis saja. Maka dari itu, klikMulai dengan Gratis.

Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger dan Wordpress

Selamat blog Wordpress kalian telah berhasil dibuat. Sekarang kalian bisa sudah mulai menulis di blog kalian masing-masing.

Cara Membuat Blog Di Wordpress

Nah itulah cara membuat blog gratis Blogger dan Wordpress. Bagaimana? Mudah bukan cara buatnya?. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika memang sangat bermanfaat ya. Jangan lupa juga untuk mengunjungi blog Cecepkocep.com untuk mendapatkan artikel terbaru. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger dan Wordpress (untuk Pemula)"

Posting Komentar