Terbaru 8 RESEP TEMPE OREK ALA RUMAHAN YANG PRAKTIS SERTA TIPS MENYIMPAN TEMPE OREK AGAR TAHAN LAMA| Hanya Coba Coba

Tempe adalah makanan yang telah sangat familiar pada warga . Siapa yg tidak kenal menggunakan tempe? Pasti semua orang telah mengenalinya. Bahkan negara tetangga pun sudah mulai melirik tempe untuk dijadikan olahan khas.

Tempe juga mampu dikatakan sebagai bahan kuliner primer lantaran hampir pada setiap rumah tiap harinya niscaya menyediakan tempe menjadi hidangan masakan primer ataupun menjadi lauk pauk. Tempe ini memiliki kandungan gizi yang sangat baik buat tubuh, karena bahan utamanya merupakan kacang kedelai yang telah nir diragukan lagi kandungan proteinnya.

Selain diolah sebagai kuliner tradisional, sekarang tempe jua sanggup dijadikan sebagai hidangan kekinian di restoran ? Restoran besar , & peminatnya pun juga relatif poly. Terbukti kan jikalau tempe jua sanggup bersaing dengan hidangan ? Hidangan lain di pasaran. Bahkan cita rasanya semakin banyak yg mencari makanan satu ini.

Tempe ini mampu pada kreasikan dalam berbagai jenis olahan masakan. Dan yg cukup digemari rakyat galat satunya yaitu olahan tempe orek. Tempe orek ini sangat cocok buat lauk makan bahkan juga sanggup disimpan dulu dilemari kuliner untuk dijadikan menjadi persediaan. Atau jua mampu dijadikan sebagai bekal saat bepergian jauh.

Rasanya yg enak dan gizinya yg mengagumkan untuk tubuh membuat kuliner satu ini sangat diminati rakyat, selain itu cara membuatnya pula terbilang relatif mudah.

Kali ini saya akan membahas berbagai macam resep dan cara membuat tempe orek yang enak, renyah, dan juga tips – tips agar tempe orek ini tahan lama saat dibawa untuk bekal ketika bepergian.

Untuk yang pertama ini terdapat hidangan tempe orek sederhana, sinkron dengan namannya cara pembuatan tempe orek ini sangat gampang & menggunakan bumbu ? Bumbu yang sederhana. Tanpa harus berlama- lama , eksklusif saja simak bahan & cara pembuatannya berikut ini.

1. Resep Tempe Orek Sederhana

Bahan :

? 500 gram tempe

? 100 mililiter air

? 55 gr gula merah

? 15 gr asam jawa

? Garam secukupnya

? Tiga buah bawang merah

? 2 siung bawang putih

? Dua buah cabai merah besar

? Tiga butir cabai merah keriting

? Minyak goreng

Cara membuat  :

1. Iris tipis bawang merah & bawang putih.

Dua. Haluskan cabai merah akbar dan cabe merah keriting.

Tiga. Potong tempe berbentuk btg mini ? Kecil.

4. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, selesainya itu goreng tempe sampai kemarau, lalu angkat & tiriskan.

Lima. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Kemudian tambahkan cabai merah akbar & cane merah keriting yang telah dihaluskan tersebut, tambahkan jua gula merah dan air, lalu aduk rata hingga rata. Masukkan asam jawa dan garam secukupnya, kemudian campurkan dan kocok lagi sampai homogen, masak sampai mendidih & airnya mengental. Setelah itu matikan api. Biarkan sementara waktu sampai panasnya berkurang.

6. Apabila panasnya sudah berkurang, baru masukkan tempe yg sudah digoreng kering tadi, lalu kocok hingga semua bumbunya tercampur rata, kemudian angkat.

7. Siapkan piring saji, & tempe orek sederhana siap untuk tersaji.

Dua. Resep Orek Tempe Basah

Yang satu ini ada kreasi tempe orek yang berbeda dari biasanya. Seperti yang sering kita ketahui, umumnya orek tempe itu bumbunya kering tanpa ada kuahnya, nah untuk kali ini saya akan membagikan resep orek tempe basah, mungkin bisa dicoba untuk selingan agar tidak seperti orek tempe biasanya. Berikut bahan dan cara pembuatannya.

Bahan :

? 1 butir tempe

? 3 buah cabai

? Lengkuas secukupnya

? 3 siung bawang merah

? 2 siung bawang putih

? ? Sdt lada serbuk

? Garam, gula, & penyedap rasa secukupnya

? Dua sdm kecap anggun

? Air secukupnya

? Minyak goreng

Cara menciptakan :

1. Iris tipis bawang merah, bawang putih, dan cabe.

2. Geprek lengkuas.

3. Potong ? Pangkas tempe berbentuk batang mini ? Mini atau sesuai selera.

4. Siapkan penggorengan, rebus minyak, goreng tempe sampai setengah matang saja ( sengaja digoreng setengah matang lantaran akan dibentuk orek tempe basah ). Setelah itu angkat & tiriskan.

Lima. Panaskan sedikit minyak, lalu tumis bawang merah & bawang putih sampai harum, lalu tambahkan irisan cabai, aduk sementara waktu, lalu tambahkan air, kemudian masukkan lada serbuk, kecap cantik, sedikit garam, gula, & penyedap rasa. Aduk lagi hingga rata.

6. Kemudian masukkan tempe yang sudah digoreng 1/2 matang tersebut, kocok ? Campurkan dan kocok sampai seluruh bumbu merata. Tunggu sebentar hingga matang atau hingga kuahnya sedikit mengeluarkan minyak. Setelah itu angkat.

7. Siapkan piring saji, & orek tempe basah siap untuk tersaji.

3. Resep Orek Tempe Cabe Ijo

Orek tempe dengan tambahan cabai ijo, bagi anda penyuka pedas olahan ini sangatlah cocok bagi lidah anda. Pembuatannya pun juga sangat mudah, langsung saja saya bagikan bahan dan cara pembuatannya.

Bahan :

? 200 gram tempe

? 1 genggam pete atau sinkron kesukaan

? 5 buah cabe keriting ijo

? 3 siung bawang putih

? Lima buah bawang merah

? Dua lbr daun salam

? 1 btg daun bawang

? 3,lima sdm kecap manis atau sinkron kesukaan

? 1 sendok teh kaldu jamur

? 1 sdt gula

? 1 sendok teh garam

? 300 ml air

Cara menciptakan :

1. Iris  cabai ijo dan daun bawang menyerong.

2. Iris tipis ? Tipis bawang merah.

Tiga. Cincang bawang putih.

4. Potong tempe berbentuk kotak ? Kotak kecil atau sesuai kesukaan.

5. Siapkan penggorengan, goreng tempe yang sudah dipotong hingga kemarau. Kemudian angkat dan tiriskan.

6. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan daun salam, pete, dan cabai ijo, mixer ? Aduk rata sampai tercampur, kemudian tambahkan air, tunggu sementara waktu hingga airnya sedikit menyusut.

7. Setelah airnya sedikit menyusut, tambahkan tempe yang sudah digoreng kemarau tersebut, mixer sampai semua bumbu merata, masukkan kecap manis, kaldu fungi, sedikit garam & gula.

8. Apabila seluruh bumbu sudah tercampur rata, kecilkan api & pisahkan selama beberapa saat supaya bumbunya semakin meresap, selesainya itu angkat.

9. Siapkan piring saji, dan orek tempe cabai ijo siap buat tersaji.

4. Resep Orek Tempe Pedas Manis

Bahan:

? 300 gram tempe, pangkas dadu

? Tiga siung bawang putih

? Lima siung bawang merah

? Lima buah cabai rawit

? 1 btg serai

? 1 centimeter lengkuas

? 1 lembar daun salam

? 1 sendok makan saus tiram

• 1 sendok teh  merica bubuk

• 2 sendok makan  kecap

? Garam secukupnya

? Air secukupnya

Cara membuat:

1. Potong tempe berbentuk dadu atau sinkron selera.

2. Iris tipis bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit.

Tiga. Memarkan lengkuas & btg serai.

4. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng tempe hingga setengah matang. Kemudian angkat & tiriskan.

5. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan daun salam, serai, lengkuas, dan cabai rawit. Tumis lagi hingga harum.

6. Masukkan kecap manis, saus tiram dan merica bubuk, masukkan sedikit air. Masak sampai mendidih. Kemudian kecilkan apinya.

7. Setelah itu tambahkan tempe, mixer ? Kocok sampai bumbu tercampur homogen, masak sampai kuahnya menyusut dan bumbu meresap. Kemudian matikan barah & angkat.

8. Siapkan piring saji & orek tempe pedas cantik siap untuk tersaji.

Lima. Resep Orek Tempe Kacang

Untuk yang kelima ada orek tempe dengan tambahan kacang tanah goreng, bisa dibayangkan kan gurihnya kacang tanah bercampur dengan rasa khas tempe yang enak banget yang bercampur dengan bumbu – bumbu orek. Tanpa perlu berlama – lama, inilah resep bahan dan cara pembuatannya.

Bahan :

? 750 gr Tempe

? 75 gram Kacang tanah

? 2 sdm Bawang merah goreng

? 13 buah Cabe merah keriting

? 7 siung Bawang merah

? 5 siung Bawang putih

? 2 lbr Daun salam

? 4 lembar Daun jeruk

? 2 cm Lengkuas

? Dua mata asam jawa

? Tiga sendok makan Gula merah

? 1/2 sdt Gula pasir

? 1 sendok teh Kaldu bubuk

? Garam secukupnya

? Minyak goreng

Cara menciptakan :

1. Iris tipis bawang merah dan cabai merah keriting.

2. Cincang halus bawang putih.

3. Sisir halus gula merah.

4. Buang tulang daun jeruk.

Lima. Geprek lengkuas.

6. Seduh asam jawa menggunakan tiga sendok makan air panas.

7. Potong tempe berbentuk btg kecil ?Kecil.

8. Siapkan penggorengan, rebus minyak, goreng tempe sampai kering, sehabis itu angkat & tiriskan.

9. Kemudian goreng kacang tanah menggunakan api kecil agar tidak sampai gosong. Lalu angkat & tiriskan.

10. Panaskan sedikit minyak, masukkan cabe merah keriting tunggu hingga agak kemarau, kemudian masukkan bawang merah dan bawang putih, tumis sebentar hingga harum.

11. Setelah itu tambahkan daun salam, daun jeruk, & lengkuas, mixer sampai rata. Lalu tuang air seduhan asam jawa, tambahkan gula merah dan campurkan dan kocok terus hingga gula larut. Kemudian tambahkan gula pasir, kaldu bubuk, dan sedikit garam, campurkan dan kocok lagi hingga rata. Tunggu sebentar hingga agak mengental, lalu matikan barah.

12. Tunggu sementara waktu hingga relatif dingin lebih kurang selama 3 sampai dengan lima mnt. Baru masukkan tempe dan kacang yang telah digoreng kemarau tersebut, kocok terus sampai seluruh bumbu tercampur rata menggunakan tempe dan kacang. Setelah itu taburi bawang goreng dan aduk rata lagi hingga rata, lalu angkat.

13. Siapkan piring saji, dan orek tempe kacang siap buat disajikan ( Atau masukkan ke pada wadah kedap udara bila ingin dibentuk persediaan ).

6. Resep Orek Tempe Udang Kecap

Selanjutnya ada orek tempe dengan tambahan udang, rasa tempe yang enak bercampur dengan udang yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Pasti enak sekali rasanya jika dimasak dengan bumbu orek. Langsung saja simak bahan dan cara pembuatannya berikut ini.

Bahan :

? 1 papan Tempe

? 5-6 siung Bawang merah

? Tiga siung Bawang putih

? 10-12 buah cabe merah keriting

? 1/2 sdt lada

? 4 butir Kemiri

 cabe rawit sesuai selera  ( jika suka pedas )

? Minyak goreng

? Kecap anggun secukupnya

? Garam, gula, dan kaldu serbuk secukupnya

? 2 lbr Daun salam

? 2 lbr Daun jeruk

? 1 btg Sereh, digeprek

? 100 gram Udang basah

Cara menciptakan :

1. Potong ? Pangkas tempe berebentuk kotak atau sinkron selera.

Dua. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, lada, cabe merah kriting, & cabai rawit.

Dua. Siapkan penggorengan, goreng tempe yang sudah dipotong sampai 1/2 matang. Kemudian angkat dan tiriskan.

Tiga. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah, bawang putih, kemiri, lada, cabai merah keriting dan cabe rawit yg sudah dihaluskan tadi. Tumis hingga baunya harum.

4. Kemudian tambahkan daun salam, dan jeruk, dan sereh.

5. Setelah itu masukkan udang segar, masak hingga matang atau sampai udang berubah warna.

6. Kemudian masukkan tempe yg telah digoreng 1/2 matang tadi. Aduk terus sampai seluruh bumbunya tercampur.

7. Kemudian masukkan kecap anggun, garam, gula, dan kaldu bubuk sesuai kesukaan.

8. Tambahkan sedikit air, aduk rata lagi hingga seluruh bumbu tercampur dengan tempe & udang. Masak dengan barah mini , tunggu hingga matang. Setelah itu angkat.

9.  Siapkan piring saji, dan orek tempe udang kecap siap untuk disajikan.

7. Resep Tempe Orek Teri

Ikan teri itu sendiri memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, apalagi jika dicampur dengan tempe yang juga tinggi kandungan proteinnya. Cocok sekali kan untuk bekal anak – anak ke sekolah. Berikut bahan dan cara pembuatannya.

Bahan :

? 1 papan tempe

? Dua genggam ikan teri

? Lima buah cabe hijau

? 3 blok kecil gula merah

? Dua lbr daun salam

? 2 buah bawang putih

? 5 buah bawang merah

? 10 buah cabai merah keriting

? 1 ruas jahe2 ruas lengkuas

? 1/2 gelas kecil air

? Garam dan penyedap rasa secukupnya

? Minyak goreng

Cara menciptakan :

1. Potong tempe berbentuk dadu atau sinkron selera.

Dua. Iris serong cabe hijau.

Tiga. Sisir gula merah sampai halus.

4. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabe merah keriting.

5. Geprek jahe & lengkuas.

6. Siapkan penggorengan, rebus minyak, goreng tempe yang telah dipotong tadi sampai setengah matang. Kemudian angkat dan tiriskan.

7. Setelah itu goreng ikan teri sampai warnanya kuning keemasan.

8. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah, bawang putih, & cabe merah kriting sampai harum. Lalu tambahkan gula merah serut & irisan cabai hijau, aduk rata hingga tercampur, kemudian masukkan air, garam, dan penyedap rasa. Masak hingga airnya sedikit menyusut.

9.  Setelah itu kecilkan api, lalu masukkan tempe dan ikan teri goreng, aduk – aduk dan tunggu sampai matang atau sampai airnya semakin menyusut. Kemudian angkat.

10. Siapkan piring saji, & tempe orek teri siap buat tersaji.

8. Resep Orek Tempe Petai

Yang terakhir bagi penikmat petai, ini cocok sekali untuk anda coba, kali ini ada orek tempe petai. Soal rasa pasti tidak diragukan lagi apalagi bagi pecinta petai, sudah pasti akan sangat menempel dilidah mereka. Baiklah langsung saja saya bagikan resep bahan dan cara pembuatannya berikut ini.

Bahan :

? Dua papan tempe

? Dua genggam petai

? 8 buah bawang merah

? 5 siung bawang putih

? Dua batang serai

? Dua lbr daun salam

? Dua lbr daun jeruk

? 5 buah cabai hijau

? 6 sdm kecap anggun

? Lima butir cabai rawit

? 50 ml air

? Garam,penyedap rasa, dan gula pasir secukupnya

 Minyak  goreng

Cara menciptakan :

1. Potong petai menjadi dua bagian.

Dua. Potong ? Pangkas tempe berbentuk dadu atau sesuai selera.

3. Iris tipis bawang merah, bawang putih, cabai hijau, dan cabe rawit.

4. Memarkan batang serai.

Lima. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, goreng potongan tempe hingga 1/2 matang. Kemudian angkat dan tiriskan.

6. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah & bawang putih sampai harum, lalu tambahkan serai, daun salam, daun jeruk, dan kecap cantik, biarkan sementara waktu sampai terkaramel. Lalu masukkan air, beri garam, gula, & penyedap rasa secukupnya. Dan kecilkan apinya.

7. Setelah itu tambahkan tempe yg sudah digoreng setengah matang tersebut, masukkan jua petai, cabe hijau dan cabe rawit, lalu aduk rata hingga semua tercampur menggunakan bumbu. Biarkan sementara waktu hingga bumbu mengental & meresap. Setelah itu matikan api lalu angkat.

8. Siapkan piring saji, & orek tempe petai siap untuk disajikan.

Bagaimana resep ? Resep orek tempe yang sudah aku bagikan diatas, cukup mudah kan. Bahan ? Bahannya pun juga mudah didapat pada toko ? Toko sekitar rumah, dan pastinya menggunakan harga yang terjangkau.

Tips Membuat Oreg Tempe Agar Bisa Tahan Lama

Saya juga akan membagikan tips – tips agar orek tempe yang telah kita buat bisa tahan lama, atau cocok untuk dibawa bekal saat bepergian. Berikut tips dari saya agar orek tempe tahan lama :

1. Upayakan iris tempe setipis mungkin keika memotong saat akan dimasak.

Dua. Saat menggoreng tempe saat akan memasak, goreng sampai sahih ? Benar kemarau agar tempe permanen krispi.

3. Setelah dimasak dan ingin menyimpannya, sebelum orek tempe dimasukkan pada wadah, tunggu sampai orek tempe benar ? Sahih sudah dingin, baru masukkan kedalam wadah.

4. Gunakan wadah yang rapat udara buat menyimpan orek tempe agar lebih tahan lama .

Semoga artikel aku kali ini bermanfaat buat anda, selamat mencoba resep ? Resep orek tempe berdasarkan aku , & semoga tips yg aku bagikan sanggup bermanfaat bagi anda. Terimakasih dan selamat berkreasi.

Jangan lupa buat menunjukkan 8 Resep Tempe Orek Ala Rumahan Yang Mudah Serta Tips Menyimpan Tempe Orek Agar Tahan Lama kepada sahabat, saudara serta kerabat anda. Dan tulis dikolom komentar sajian masakan apa yg anda innginkan buat aku bagikan selanjutnya.

Cantika

Author : Cantika

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Terbaru 8 RESEP TEMPE OREK ALA RUMAHAN YANG PRAKTIS SERTA TIPS MENYIMPAN TEMPE OREK AGAR TAHAN LAMA| Hanya Coba Coba"

Posting Komentar