Tips Pentingnya Memahami Buyer Persona - Inbound Marketing| Hanya Coba

inbound-marketing

Hallo  teman-teman,

Sebelumnya kita telah membahas tentang buyer journey, dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang "buyer persona".

Apa itu Buyer Persona?

Menurut HubSpot, "buyer persona is semi-fictional representations of your ideal customer based on real data and some select educated speculation about customer demographics, behavior patterns, motivations, and goals."

Atau dalam Bahasa Indonesia lebih kurang berarti informasi semi fiktif yang mewakili pelanggan ideal Anda dari data konkret dan beberapa spekulasi terdidik (tebakan dari gagasan yg mampu dipertanggungjawabkan) mengenai demografi, pola perilaku, motivasi & tujuan dari pelanggan Anda.

Mengapa Mengetahui Buyer Persona Sangat Penting?

Buyer persona yg tepat dan seksama merupakan kunci sukses menurut inbound marketing & digital marketing secara generik. Apabila Anda salah memilih buyer persona maka usaha Anda pula akan gagal.

Sebagai model Anda menciptakan sebuah website/toko online tanpa memperhatikan buyer persona dari bisnis Anda, maka pada kemudian hari Anda akan mendapatkan website/toko Anda rendah konversi (pengunjung yang melakuka tindakan krusial dalam page website/toko online Anda seperti mengisi lembaga pembelian, form kontak, berlanggan newsletter, mendownload ebook, dll) atau tinggi bounce rate (pengunjung yang masuk ke landing laman dari website Anda tanpa berpindah ke laman lainnya).

Seperti Apa Contoh Buyer Persona?

Saya akan memberikan model buyer persona dari bisnis layanan digital marketing yang aku tawarkan. Berikut misalnya:

Pebisnis Kecil - Pak Didik (Jasa Sedot WC)

?? Latar Belakang:

- Pemilik bisnis sedot wc pada Surabaya, Menikah & mempunyai dua anak (15 dan 8)

- Sudah menjalankan bisnis sedot wc selama lima tahun

?? Demografi:

- Aktif pada lapangan, usia 40 - 45 tahun, tinggal pada kota akbar, pendapatan tahunan: kurang lebih 120 juta.

?? Ciri-ciri:

- Tenang, biasanya mencari kabar melalui mesin penelusuran, laporan usaha masih manual.

- Menjada karyawan agar permanen loyal.

?? Tujuan:

- Memperkenalkan bisnisnya ke semua daerah pada Surabaya & menerima panggilan telepon saat pelanggan potensial membutuhkan jasa sedot wc/limbah industri.

?? Tantangan:

- Kurang faham dengan teknologi

- Kurangnya pengetahuan & keterampilan akan digital marketing

?? Bagaimana Kita Membantunya:

- Membuat artikel blog post dan eBook seputar sosialisasi digital marketing

- Memberikan layanan eksklusif

?? Objekfit Utama:

- Ingin menjalankan kampanye digital marketing secara efektif dan efisien

?? Kutipan Nyata:

- Sulit sekali buat memahami digital marketing

- Saya wajib berkutat menggunakan tetek bengek website, iklan Google ataupun Facebook, Landing Page, Email Marketing, dll.

- Sulit menemukan layanan digital marketing profesional dengan biaya terjangkau.

Seperti itu contoh buyer persona. Semoga teman-sahabat entrepreneur, marketer maupun sales bisa memahaminya menggunakan baik.

Apabila ada yg ingin ditanyakan ataupun saran yg menciptakan, silahkan disampaikan dalam kololm komentar di bawah.

Sampai jumpa insyaAllah dalam pembahasan selanjutnya.

Sukri Sudin

Author : Sukri Sudin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Pentingnya Memahami Buyer Persona - Inbound Marketing| Hanya Coba"

Posting Komentar