Terbaru BINGUNG CARA BIKIN NASI AYAM HAINAN, YUK CEK 5 RESEP PRAKTIS INI| Hanya Coba Coba

Nasi hainan merupakan masakan tionghoa yg tak jarang acapkali dikaitkan menggunakan kuliner berasal singapura atau malaysia, dan juga acapkali ditemui pada negara tetangga yaitu thailand serta diwilayah hainan, china.

Daging ayam disediakan melalui cara tradisional hainan yakni dengan cara merebus seluruh ayam dalam kaldu tulang ayam. Orang china umumnya tidak memakai air biasa saat mengungkep daging, melainkan menggunakan kaldu rebusan tulang agar memperkaya citarasa daging tersebut.

Karena arus permoderenan singapura menggantikan kaldu ayam menggunakan air, irisan bawang putih & jahe. Kemudian kaldu pula pada masukkan dengan daun pandan lalu digunakan pada penyajian nasi dan jua sup. Kebanyakan masakan nasi ayam ini disajikan dengan irisan timun, lantaran kebanyakan orang china menyukai hidangan yang misalnya ini.

1. Resep Nasi Ayam Hainan Komplit Dengan tiga Macam Saus

Originalnya nasi ayam hainan ini disajikan dengan 2 saus tapikali ini saya akan berkreasi dengan tambahan saus asli indonesia. Penasaran seperti apa bahan dan cara pembuatannya, simak resep di bawah ini ya!

Bahan yg di pakai buat merebus ayam :

? 1 ekor ayam negeri utuh yang besar & gemuk taburi dua sdm garam jua perasan jeruk nipis ( 1 buah )

? ? Buah bawang bombay ukuran sedang, pangkas menjadi 6 bagian

? Tiga lembar daun pandan, cuci bersih & ikat menjadi simpul

? 4 siung bawang putih, memarkan

? 2 btg daun bawang, potong ? Pangkas sebesar 3 cm

? 3 cm jahe iris tipis

? 2 sendok teh garam

? Dua sdt kaldu serbuk instan ( optional )

? 1,5 sampai dua liter air

Bahan olesan ayam panggang :

? 1 sendok makan minyak wijen

? 1 sendok makan kecap manis

? 1 sdm soy sauce

Bahan memasak nasi :

? 400 gr beras yang sudah dicuci higienis

? 1 sendok makan margarin

? 3 siung bawang putih cincang halus

? Dua cm jahe parut atau cincang halus

? 1 sendok makan minyak wijen

? 550 ? 600 mililiter air kaldu bekas rebusan ayam

? 2 lbr daun pandan simpulkan

Bahan buat saus jahe bawang :

? Tiga btg daun bawang, pangkas kasar

? 2 centimeter jahe parut

? ? Sendok teh garam

? 50 ml air matang

? 50 ? 80 ml minyak goreng panas yg mendidih

Bahan saus cabai :

? 5 buah cabe merah keriting

? 6 buah cabai rawit merah

? 2 siung bawang putih, memarkan

? 1 cm jahe

? 1 sdt garam

? Dua sdt gula pasir

? 2 sdm air jeruk nipis

? 50 ml air matang

Bahan saus soy sauce :

? ? Sdm margarin buat menumis

? 2 siung bawang putih cincang halus

? 200 ml air kaldu

? 2 sdm soy sauce

? 1 sdm gula palem serbuk

? Dua sdm kecap manis

? ? Sendok teh garam

? Dua sdt maizena, larutkan denga 50 mililiter air

? 1 buah daun bawang, potong halus

Pelengkap atau garnish :

? Minyak wijen buat mengolesi ayam

? Irisan daun bawng buat garnish

? Biji wijen putih buat garnish

Tips :

? Sebaiknya memakai ayam yg berukuran akbar agar kulitnya tebal & mengandung banyak minyak. Selain itu ayam akbar pula memiliki daging yang tebal sebagai akibatnya terlihat menarik waktu dipotong dan tersaji, serta juicy didalam.

Persiapan dan cara pembuatan ayam :

1. Siapkan ayam negri atau ayam potong ( aku sarankan ayam negri / kampung ). Gosok bagian atas ayam menggunakan garam kasar supaya kulit ayam nir terlihat licin dan higienis. Pastikan tidak ada kulit ari ( berwarna kekuningan ) yg masih menempel.

Dua. Gosok jua bagian pada ayam menggunakan garam dapur, hilangkan lendir ? Lendir yang menempel di bagian atas & bagian pada ayam.

3. Cuci ayam hinggan benar ? Sahih higienis termauk bagian dalamnya. Setelah itu barulah lumuri ayam dengan perasan air jeruk nipis disemua sisi ayam dan bagian dalamnya juga. Diamkan ayam selama lebih kurang 10 mnt, kemudian cuci lagi hingga bersih.

4. Masukkan rabat bawang putih, bawang bombay, daun bawang dan irisan jahe ke dalam rongga ayam ( bagian dalam ayam ), masukkan sampai penuh sesak. Sisakan sebagian bumbu buat direbus beserta air.

5. Siapkan panci & masukkan air dan garam. Letakkan ayam ke dalam panci yang telah berisikan air, masukkan juga residu irisan bumbu buat merebua ayam.

6. Rebus ayam diatas barah kecil selama sekitar 45 mnt sengan panci tertutup. Sesekali bolak ? Balikkan ayam agar matang merata. Oh ya, jangan lupa cicipi kuah kaldunya buat mengoreksi cita rasanya.

? Jika air menyusut poly ketika proses perebusan, maka anda mampu menambahkan sedikit air mendidih, perlu diingat residu kuah kaldu ini akan dipakai buat mengolah nasi dan saat penyajian ayam.

7. Setelah 45 mnt matikan barah, pastikan panci permanen tertutup dan pisahkan ayam selama 30 mnt. Setelah itu barulah keluarkan ayam dari panci, aku menyarankan buat memakai alat penjepit untuk mengeluarkan ayam.

? Jangan buang air rebusan ayam, karena kaldu ini akan digunakan buat mengolah nasi & menjadi kuah pelengkap ketika penyajian Nasi Ayam Hainan.

8. Masukkan ayam kedalm baskom atau mangkuk akbar berisi air es selama kurang lebih lima sampai 10 mnt, sambil pada bolak kembali agar ayam dingin merata.

? Jangan merendam ayam terlalu usang lantaran akan menciptakan rasa ayam menjadi hambar

? Tujuan dari perendaman ini sendiri adalah supaya menghentikan proses mengolah menggunakan cepat & membuat kulit ayam sebagai kencang sebagai akibatnya teksturnya lebih keras & elastis. Lantaran galat satu hal yang terpenring saat pembuatan nasi ayam hainan ini merupakan kualitas & tekstur kulit ayam.

Ukuran ayam & lama perebusan jua menghipnotis kekencangan kulit ayam, bila ukuran ayam anda mini maka akan membutuhkan saat perebusan yang lebih cepat, bila terlalu usang akan menciptakan kulit ayam menjadi lunak dan sobek.

Buang bumbu ? Bumbu yang terdapat pada pada perut ayam, usahakan jangan digunakan lagi lantaran bumbu ? Bumbu yg digunakan menyerap bau amis berdasarkan ayam.

9. Belah membujur ayam sebagai dua bagian yg sama. Setelah itu keringakan bagian atas ayam menggunakan tissue dapur atau kain higienis.

? Anda bisa memanggang atau membiarkanya begitu saja. Lantaran biasanya di restoran nasi ayam hainan menyediakan 2 jenis ayam yaitu, yg versi panggang dan versi rebus.

Untuk versi yang rebus, olesi permukaan ayam yang telah dikeringkan menggunakan minyak wijen secara merata pada semua bagian ayam. minyak wijen ini akan membuat rasa ayam menjadi lebih gurih selain rasa ini akan mempengaruhi tampulan dari ayam tersebuat yakni ayam akan lebih menarik, lembab dan shiny. Setelah itu potong potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera dan taruh dipiring saji.

Untuk versi yang panggang, olesi permukaan ayam dengan campuran minyak wijen, kecap manis dan kecap asin secara merata pada seluruh bagian ayam. panggang ayam di oven pada suhu 200 derajat celcius atau hingga permukaan ayam terlihan mengering. Keluarkan ayam dari oven dan potong – potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera, lalu tata di piting saji.

Cara memasak nasi :

1. Seapkan wajan/ pan/ panci anti lengket. Beri satu sendok margarin dan panaskan hingga meleleh. Tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Masukkan beras yang telah dicuci bersih lalu  tumis hingga beras tampak mengering dan terselimuti bumbu. Angkat.

2. Tuang beras ke panci rice cooker, tambahkan lebih kurang 550 ? 600 ml air kaldu residu merebua ayam, tambahkan minyak wijen & daun pandan, lalu masak sampai matang. Aduk-aduk rata nasi yg sudah matang di rice cooker supaya tidak menggumpal. Sisihkan.

Cara membuat saus :

? Membuat saus jahe bawang

Siapkan gelas blender dry mill. Masukkan daun bawang dan jahe, masukkan garam dan air matang. Haluskan sampai lembut. Tuang saus ke mangkuk tahan panas, siram dengan minyak goreng panas yg mendidih. Aduk hingga rata, sisihkan.

? Membuat saus cabe

Siapkan panci, tambahkan cabai, bawang putih dan jahe lalu masukkan air hingga bumbu terendam, panaskan hingga matang. Masukkan bahan saus ke gelas blender dry mill, masukkan 50 ml air rebusan cabai, blender hingga halus. Tuangkan saus cabe ke mangkuk, tambahkan garam, gula pasir & air jeruk nipis, aduk rata. Cicipi cita rasanya, tambahkan garam bila kurang asin.

? Membuat saus soy sauce

Siapkan wajan, panaskan margarine. Tumis jahe & bawang putih sampai harum. Masukkan semua bahan saus lainnya, aduk rata & masak di atas barah kecil hingga mendidih dan kental. Tambahkan daun bawang, aduk hingga homogen kemudian angkat. Jika saus terlalu kental tambahkan sedikit air kaldu rebusan ayam.

? Catatan buat semua saus : koreksi rasa sinkron kesukaan masing ? Masing.

Saran Penyajian :

Siapkan piring saji, tuang sebagian saus soy sauce di dasar piring. Tata ayam Hainan yg sudah dipotong-pangkas diatasnya. Taburi dengan daun bawang & biji wijen putih (apabila suka ). Sajikan ayam menggunakan nasi Hainan dan 3 macam sausnya serta irisan timun. Super duper lezat!

Dua. Resep Nasi Hainan Sederhana Dan Mudah Menggunakan Rice Cooker

Bahan-bahan :

tiga-4 porsi

? ? Ekor ayam kampung ( pangkas jadi 4 bagian )

? 2,5 cup beras ( cuci higienis )

? Secukupnya air ( buat masak nasi pada rice cooker )

? 1 sendok makan kecap manis

? Garam, gula & kaldu fungi secukupnya

Bumbu tumis :

? 3 buah bawang putih cincang halus

? 1 butir bawang merah iris halus

? 1 ruas jahe geprek ( atau secukupnya sinkron selera )

? 1 sendok teh margarin

? Dua sdm minyak wijen

Langkah :

1. Panaskan margarine & minyak wijen. Masak bumbu tumisan sebentar saja hingga harum ( jangan sampai kemarau )

dua. Takar air dan beras terlebih dahulu. Masukkan bumbu tumisan, dan bumbui beras secukupnya menggunakan garam, gula, kaldu jamur & kecap cantik, aduk rata dan koreksi rasa sesuai kesukaan. Terakhir masukkan ayam kampung.

Tiga. Tekan tombol ?Cooking? Sehabis itu tunggu hingga matang atau kurang lebih 15 ? Dua- mnt.

4. Setelah nasi matang angkat ayam & jahe, buat ayam pisahkan ke piring saji sedangkan jahenya mampu dibuang. Lalu pribadi campurkan dan kocok nasi agar nasi tidak berkerak di bagian bawah.

? Agar rasa dari ayam hainan lebih enak, masukkan atau olesi ayam menggunakan seasoning yang terdiri berdasarkan minyak wijen, kecap asin atau garam yg sudah pada campur kemudian aduk hingga homogen. Lalu jika senang mampu tambahkan taburan bawang putih goreng.

Yeay! Nasi ayam hainan simple is ready to serve now!

Tiga. Resep Nasi Hainan Ala Dapur Umami

Bahan – bahan :

? 350 gram beras wangi

? 1 potong dada ayam tanpa tulang

? 1 sendok teh micin atau penyedap rasa ( sinkron selera )

? 2 sendok teh garam

? 12 butir bawang putih cincang halus

? 4 butir bawang merah cincang halus

? 1 batang sereh

? 2 lembar daun pandan, kemudian ikat

? Dua sdm air jahe

? 650 ml air

? Dua sendok makan minyak goreng

Bahan Pelengkap :

? Kecap asin menggunakan irisan bawang putih dan irisan timun.

Cara Memasak :

1. Langkah 1

Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang merah, daun pandan, air jahe & sereh sampai harum.

Dua. Langkah 2

Tambahkan beras, tumis sementara waktu.

Tiga. Langkah 3

Masukkan air dan masukkan micin atau penyedap rasa, masak hingga ? Matang, angkat.

4. Langkah 4

Pindahkan dalam kukusan, masukkan ayam, kukus hingga matang ( /-30 mnt).

Tips :

Nasi Hainan mempunyai keunikan tersendiri. Masakan yg dari dari daerah Hainan, China, merupakan sebuah tradisi dan seni mengolah oleh Suku Hainan.

Nasi Ayam Hainan yang spesial memiliki aroma bawang putih & jahe yg kuat, disajikan dengan irisan Ayam Rebus tanpa tulang, dan pelengkap berupa Kecap Asin menggunakan irisan bawang putih dan irisan Timun.

4. Resep Nasi Ayam Hainan Asli Singapore Sederhana Dan Praktis

Cara membuat nasi ayam hainan asli singapura ini sebenarnya sangat mudah jadi anda bisa membuatnya di rumah. Nah, sajian nasi hainan ini juga bisan ansa buat untuk keluarga anda dan saat ada tamu yang datang.

Biasanya di singapore masakan nasi ayam hainan ini sering dijual pada rertaurant china atau tempat makan lainnya. Karena kenikmatann & kelezatan nasi hainan banyak sekali orang yg menyukai sajian yang satu ini.

Untuk itu bagi anda yang bertanya-tanya ingin mencobanya, anda sanggup membuatnya sendiri dirumah menggunakan tuntunan resep yang saya bagikan ini.

Bahan membuat resep nasi hainan praktis yang lezat :

? 3 sdt garam

? 4 siung bawang putih

? 1 liter kaldu ayam

? 4 ruas jahe , kerok dan cuci higienis kemudian memarkan

? 750 gram beras

? 4 sendok minyak wijen

? 5 sdm minyak goreng

Bahan buat sajian ayamnya :

? 1 ekor ayam

? ? Sdt gula pasir

? Garam secukupnya

? Dua sdm minyak wijen

? 4 ruas jahe , kerok dan cuci higienis kemudian memarkan

? Dua tangkai daun bawang, iris tipis

? Dua liter air

Bahan saus jahe buat Resep nasi hainan sederhana :

? 30 gram jahe

? 200 cc kaldu ayam

? 2 sdm kecap ikan

? Minyak goreng secukupnya

Cara membuat resep nasi hainan Singapore ala rumahan :

1. Siapkan semua bahan & bumbu yang di butuhkan buat menciptakan nasi ayam hainan.

Dua. Pertama ? Tama olah nasi terlebih dahulu dengan cara yaitu ; tumis jahe & bawang putih sampai harum, kemudian tambahkan beras yang telah dicuci bersih & aduk rata ? Campurkan dan kocok hingga beras tercampur menggunakan bumbu. Masukkan garam & kaldu ayam, tunggu air kaldu meresap & habis.

Tiga. Setelah airnya habis angkat & masak beras menggunakan panci penukus selama lebih kurang 30 menit.

4. Sambil menunggu nasi matang, kita buat ayam hainannya. Siapkan ayam, campurkan bahan ? Bahan yg digunakan untuk melumuri ayam misalnya minyak wijen, garam & jahe. Aduk rata semua bahan tadi kemudian lumuri ke ayam. Tunggu sampai lebih kurang 45 mnt.

Lima. Campurkan daun bawang, garam dan jahe buat dimasukkankedalam rongga bagian pada ayam, lalu panaskan ayam selama 20 mnt. Masukkan garam dan gula secukupnya. Jangan lupa buat dicicipi.

6. Setelah itu angkat ayam & pangkas ? Potong ayam menjadi beberapa bagian sinkron selera dan sajikan di piring saji.

7. Untuk membuat kuahnya anda mampu menggunakan air bekas rebusan ayam menggunakan cara panaskan balik airnya kemudian tambahkan merica & labu siam. Masak sampai labu siam terasa empuk.

8. Menyajikan nasi hainam tidak akan lengkap jika tanpa ada saus jahe, berikut ini cara membuat saus jahe :

Tumis jahe dahulu, kemudian tambahkan kaldu secukupnya, kecap ikan, lalu masak hingga airnya mengental. Setelah itu angkat.

Cara penyajian :

Penyajian, siapkan nasi di atas piring, kemudian ayam yg sudah ditata di piring lainnya dengan disiramkan kecap ikan, saus jahe di mangkuk mini & air kaldu dimangkuk kecil pula. Nasi hainan siap disantap.

Jangan lupa buat membagikan Bingung Cara Bikin Nasi Ayam Hainan, Yuk Cek lima Resep Praktis Ini kepada sahabat, saudara serta kerabat anda. Dan tulis dikolom komentar sajian kuliner apa yang anda innginkan buat saya bagikan selanjutnya.

Cantika

Author : Cantika

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Terbaru BINGUNG CARA BIKIN NASI AYAM HAINAN, YUK CEK 5 RESEP PRAKTIS INI| Hanya Coba Coba"

Posting Komentar