Tips Apa Itu Buyer Journey? - Inbound Marketing| Hanya Coba

perilaku-konsumen-digital-marketing

Hallo sahabat-teman semuanya.. Bagaimana informasi Anda hari ini? Semoga kita seluruh sehat selalu. Amin..

Pada kesempatan kali ini kami ingin menyampaikan materi singkat mengenai buyer journey.

Dalam ilmu marketing, istilah buyer journey dikenal dengan nama "perilaku konsumen".

Tentunya sangat penting bagi seseorang entrepreneur/wirausaha, marketer maupun sales buat tahu dengan baik tentang hal ini apalagi pada jaman digital sekarang ini yang mana ada perubahan besar yang terjadi dalam perilaku belanja konsumen.

Buyer journey terdiri berdasarkan 3 tahap (stage) yaitu:

1. Awaraness Stage (Tahap Kesadaran)

Contoh: seorang yg sepatunya sudah usang atau sobek akan menyadari bahwa beliau membutuhkan sepatu baru.

Dua. Consideration Stage (Tahap Pertimbangan)

Contoh: sehabis sadar beliau membutuhkan sepatu baru maka dia mulai mempertimbangkan banyak sekali cara atau pilihan buat menerima sepatu baru diantaranya pulang ke toko sepatu pada pasar tradisional ataupun mall atau jua berbelanja secara online.

Tiga. Decision Stage (Tahap Keputusan)

Contoh: Saat seorang tadi memutuskan buat berbelanja sepatu baru secara online, beliau akan mulai mencari keterangan tentang merek juga toko online yg menjual sepatu baru yg dia inginkan dan membanding-bandingkan antara merek maupun toko online yang terdapat.

Mengapa mengetahui buyer journey sangat krusial bagi bisnis Anda?

Tentunya karena hal ini merupakan faktor penting saat Anda membuat perencanaan bisnis maupun saat menciptakan sebuah strategi baru.

Sebagai contoh saat Anda ingin memilih channel promosi yg akan Anda pakai. Apakah akan menggunakan iklan Facebook ataukah iklan Google. Jika menggunakan iklan Facebook, jenis iklan mana yg akan Anda pilih.

Untuk menjawab hal tadi secara efektif, tentunya Anda harus faham terlebih dahulu tentang buyer journey dari pelanggan potensial usaha Anda.

Dan buat tahu buyer journey tentunya Anda wajib memahami menggunakan sempurna buyer persona Anda.

Apakah buyer persona itu? Harusnya hal ini yang menjadi materi pertama kita.

InsyaAllah pada kesempatan berikutnya aku akan mencoba membahas sedikit tentang buyer persona.

Terima kasih.

Note 1: apabila materi singkat ini berguna bagi Anda, ingat buat dishare ke saudara & teman-sahabat Anda jua ya!!

Note 2: Hindari COPAS tanpa menyertakan asal konten atau seijin penerbit. Mari kita versus PLAGIAT, HOAX, SPAM, and something like that!!

Sukri Sudin

Author : Sukri Sudin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Apa Itu Buyer Journey? - Inbound Marketing| Hanya Coba"

Posting Komentar